LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN
APLIKASI
PENERIMAAN SISWA BARU BERBASIS WEB
MENGGUNAKAN PHP DAN
MYSQL
(STUDI KASUS PADA SMA NEGERI 1 AIKMEL)
Disusun oleh :
Nama : Siti Puspita Hidasakti Marzuki
NIM : 07.48.55.081
PROGRAM STUDI
TEKNIK INFORMATIKA
STMIK SYAIKH
ZAINUDDIN NW ANJANI
2011
LEMBAR PENGESAHAN
APLIKASI PENERIMAAN
SISWA BARU BERBASIS WEB
MENGGUNAKAN PHP
DAN MYSQL
(STUDI KASUS PADA SMA NEGERI 1 AIKMEL)
Laporan Praktik
Kerja Lapangan ini telah disidangkan pada :
Hari/Tanggal : Jum’at, 27 Mei 2011
Tempat : STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjani
Menyetujui/Mengesahkan :
Anjani,
Ketua Program Studi, Dosen
Pembimbing
Marwan
Hakim, S.kom Romdhi Surimba, S.Kom
NIDN.
0831127705 NIDN.
0804068502
Mengetahui
STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjani
Ketua,
Drs.
H. M. Mugni Sn, SS., SH., M.Pd
HALAMAN
PERNYATAAN
Dengan
ini saya menyatakan bahwa Laporan Praktik Kerja Lapangan dengan Judul “Aplikasi Penerimaan Siswa Baru berbasis Web
menggunakan PHP dan MySQL (Studi Kasus Pada SMA Negeri 1 Aikmel)” beserta
seluruh isinya adalah benar-benar karya sendiri, dan saya tidak melakukan
penjiplakan atau pengutipan dengan cara-cara yang tidak sesuai dengan etika
keilmuan yang berlaku dalam masyarakat keilmuan. Atas pernyataan ini saya siap
menanggung resiko/sanksi yang dijatuhkan kepada saya apabila kemudian ditemukan
adanya pelanggaran terhadap etika keilmuan dalam karya saya ini, atau ada klaim
dari pihak lain terhadapa keaslian karya saya ini.
Anjani,
26 Maret 2011
Yang
membuat pernyataan
Siti Puspita Hidasakti Marzuki
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah, puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah
melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada penulis sehingga penulis
dapat menyelesaikan Laporan Tugas Akhir dengan judul “Aplikasi Penerimaan Siswa Baru berbasis Web menggunakan PHP dan MySQL
(Studi Kasus Pada SMA Negeri 1 Aikmel)”, sebagai salah satu syarat lulus dalam menempuh mata kuliah Praktik
Kerja Lapangan (PKL).
Perkenankan bersama ini penulis mengucapkan
terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak-pihak yang telah membantu
penulis dalam penyelesaian Laporan Tugas Akhir ini antara lain :
1. Bapak Drs. Mugni Sn., SS., SH., M.Pd, selaku Ketua STMIK
Syaikh Zainuddin NW Anjani yang telah memberikan kesempatan kepada penulis
untuk mengikuti kegiatan Praktik Kerja Lapangan dengan Lokasi SMA Negeri1
Aikmel ini.
2. Bapak Marwan Hakim, S.Kom, selaku Ketua Program Studi
Teknik Informatika STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjani yang telah memberikan
dukungan dan bantuan kepada penilis dalam kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL)
dan Penyusunan Laporan Tugas Akhir ini.
3. Bapak Romdhi Surimba, S.Kom, selaku Dosen Pembimbing
Lapangan yang telah membimbing penulis dalam menyelesaikan Laporan Tugas Akhir
Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini dengan baik.
4. Bapak Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Aikmel, H. Budi
Mulyana, M.Pd dan seluruh staf Tata Usaha yang telah memberikan kesempatan
kepada penulis untuk melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini dengan baik.
5. Bapak L. Wiranata Hidayatullah, S.Kom selaku pamong pada
SMA Negeri 1 Aikmel yang juga telah membimbing dan membantu penyelesaian
Laporan Tugas Akhir Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini dengan baik.
Akhirnya untuk kesempurnaan penyusunan Laporan Tugas
Akhir ini, penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun guna
pernyempurnaan dimasa yang akan datang dan semoga Laporan Tugas Akhir ini dapat
bermamfaat bagi kita semua dan khususnya bagi penulis sendiri. Amien.
Suralaga, 26 Maret 2011
Siti Puspita Hidasakti
Marzuki
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
...................................................................... i
LEMBAR PENGESAHAN
........................................................... ii
HALAMAN
PERNYATAAN ....................................................... iii
KATA
PENGANTAR .................................................................... iv
DAFTAR ISI
.................................................................................. vi
DAFTAR TABEL
.......................................................................... viii
DAFTAR
GAMBAR ...................................................................... ix
SURAT
KETERANGAN ...............................................................
BAB I
PENDAHULUAN ............................................................... 1
1.1. Latar Belakang
........................................................................... 1
1.2. Alasan Pemilihan Judul ............................................................. 2
1.3. Ruang Lingkup .......................................................................... 2
1.4. Tujuan dan Mamfaat
................................................................. 3
1.5. Sistematika Penulisan ................................................................
3
BAB II HASIL
PELAKSANAAN PKL .......................................... 5
2.1. Lokasi/Tempat
PKL ................................................................... 5
2.2. Pengumpulan Data ..................................................................... 9
2.3. Analisa Terhadap Sistem/Prosedur yang Berjalan ..................... 9
2.4. Hasil Temuan/Permasalahan
...................................................... 11
2.5.
Kendala-Kendala yang dihadapi selama PKL ........................... 12
2.6. Solusi
Pemecahan Masalah ........................................................ 12
BAB III :
USULAN SOLUSI PEMECAHAN MASALAH ........... 13
3.1. Usulan
Organisasi ...................................................................... 13
3.2. Usulan
Hardware/Software ....................................................... 14
3.3. Usulan Tenaga Kerja…….......................................................... 34
3.4. Usulan Sistem Baru ................................................................... 34
3.4.1.
Gambaran Sistem Usulan ...................................................... 34
3.4.2.
Sasaran/Informasi Sistem Usulan .......................................... 36
3.4.3.
Jadwal Pembuatan Sistem Usulan ......................................... 37
3.4.4.
Rancangan Basis Data ........................................................... 39
3.4.5.
Entity Relationship Diagram (ERD)....................................... 45
3.4.6. Data
Flow Diagram (DFD)..................................................... 48
3.4.7.
Diagram Alir (Flowchart) …………....................................... 51
3.5. Perancangan Output Data ……….............................................. 56
BAB IV
IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN
...................... 58
4.1.
Analisis Pemilihan Perangkat Lunak
.......................................... 58
4.2. Spesifikasi Perangkat Keras
...................................................... 59
4.3. Spesifikasi Program (Tampilan Rancangan/Program)................ 59
BAB V
PENUTUP
........................................................................... 66
5.1.
Kesimpulan .................................................................................. 66
5.2. Saran
............................................................................................ 67
DAFTAR
PUSTAKA ....................................................................... 68
LAMPIRAN-LAMPIRAN
A. DAFTAR HADIR PKL
B. DAFTAR KEGIATAN PKL
C. KARTU BIMBINGAN PKL
D. LISTING PROGRAM
DAFTAR
TABEL
- Menu File ............................................................................. 26
- Dokumen Toolbar ................................................................ 27
- Jadwal Kegiatan Penyusunan Laporan PKL ........................ 38
- Identitas Siswa Baru ............................................................. 40
- Identitas Orang Tua Siswa Baru .......................................... 42
- Prestasi Siswa Baru.............................................................. 43
- Komponen dan Simbol ERD ................................................ 46
- Metodologi ERD .................................................................. 46
- Komponen dan Simbol DFD ............................................... 48
- Simbol-Simbol Flowchart ..................................................... 52
- Query Laporan Penerimaan Siswa Baru ............. ................... 57
DAFTAR
GAMBAR
1.
Struktur
Organisasi SMAN 1 Aikmel ..................................... 7
2.
Ruang
Kerja Macromedia Dreamweaver MX 2004 ................ 22
3.
Tampilan
Ruang Kerja ............................................................ 23
4.
Tampilan
Standard Bar ............................................................ 26
5.
Tampilan
Dokumen Toolbar ................................................... 27
6.
Tampilan
Insert Bar sebelum diganti ...................................... 28
7.
Tampilan
Insert Bar setelah diganti ......................................... 28
8.
Tampilan
Jendela Dokumen .................................................... 30
9.
Tampilan
Panel Group terlepas ............................................... 31
10.
Tampilan
Panel Group tersusun ............................................ 32
11.
Tampilan Tag
Inspector ........................................................ 32
12.
Tampilan Tag
Selector
.......................................................... 33
13.
Property
Inspector Text ......................................................... 33
14.
Property
Inspector Image ...................................................... 33
15.
Entity
Relationship Diagram (ERD) ..................................... 47
16.
Diagram
Konteks .................................................................. 49
17.
DFD
level 1 ........................................................................... 49
18.
DFD level 2
proses 1 dan 2 ................................................... 50
19.
DFD level 2
proses 3 ............................................................. 50
20.
Flowchart Input Data ............................................................ 53
21.
Flowchart Edit Data .............................................................. 54
22.
Flowchart Hapus Data ........................................................... 55
23.
Laporan
Penerimaan Siswa Baru ........................................... 57
24.
Gambar
4.1 Halaman index.html .......................................... 60
25.
Gambar 4.2 Tampilan
Menu PSB pada halaman index.html 60
26.
Gambar
4.4 Tampilan halaman formulir pendaftaran
........... 61
27.
Gambar
4.5 Tampilan halaman simpan data berhasil
........... 62
28.
Gambar
4.6 Tampilan halaman ubah dan hapus data ........... 62
29.
Gambar
4.7 Tampilan halaman ubah data
............................ 63
30.
Gambar
4.8 Tampilan halaman simpan perubahan data
berhasil .................................................................................. 63
31.
Gambar
4.9 Pemberitahuan hapus data ................................ 63
32.
Gambar
4.10 Tampilan halaman hapus data berhasil ........... 64
33.
Gambar
4.10 Tampilan sub menu lihat data
......................... 64
34.
Gambar
4.11 Tampilan Laporan PSB ................................... 65
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
LATAR BELAKANG
Penggunaan
teknologi informasi dalam berbagai kegiatan dibidang pendidikan terkait dengan
aspek kebutuhan yang secara langsung merupakan tantangan bagi pihak-pihak
terkait untuk bisa menggunakan komputer. Sehingga beberapa pekerjaan yang
awalnya dilakukan kurang efisien, dengan bantuan komputerisasi maka pengolahan
data yang kurang efisien dapat menjadi semakin efisien.
Teknologi Informasi tersebut
tidak lepas dari tiga unsur yang menjadi rangkaian yang sinergis, yaitu
hardware (perangkat keras), software
(perankat lunak), brainware (manusia). Guna memberikan strategi bagaimana
teknologi informasi dalam berbagai rangkaian sistem yang dapat difungsikan untuk
membantu kinerja manusia secara efisien.
Kegiatan penerimaan siswa
baru pada SMA Negeri 1 Aikmel tentu semakin menyibukkan Panitia Penerimaan
Siswa Baru dalam hal penerimaan data siswa baru dan bisa saja data tersebut
hilang karena masih dalam bentuk lembaran-lembaran. Selain itu siswa baru harus
mendatangi sekolah untuk melakukan pendaftaran dan ini memakan biaya dan waktu
yang lebih banyak dan ini dapat mengurangi keinginan siswa baru untuk mendaftar
sendiri. Permasalahan-persalahan diatas ini membuat penulis berupaya membangun
aplikasi penerimaan siswa baru yang bersifat online ini.
1.2. ALASAN PEMILIHAN JUDUL
Penyusunan Laporan Praktik Kerja Lapangan dengan
Judul ”Aplikasi Penerimaan Siswa Baru berbasis Web menggunakan PHP dan MySQL (Studi
Kasus Pada SMA Negeri 1 Aikmel)”, penulis beralasan bahwa SMA Negeri 1 Aikmel telah memiliki website namun
belum adanya Menu Penerimaan Siswa Baru secara online. Saat ini pihak sekolah
masih menggunakan sistem pendaftaran biasa yaitu siswa baru harus mendatangi
sekolah mengisi formulir pendaftaran dan menyerahkan uang pendaftaran. Sistem
ini masih dianggap kurang efisien sehingga dibangunlah Sistem Informasi
Penerimaan Siswa Baru secara online. Dengan adanya Sistem informasi Penerimaan
Siswa Baru berbasis online ini, maka siswa baru dapat mendaftar tanpa harus ke
sekolah. Namun penggunaan aplikasi ini tergantung pihak sekolah karena masih
belum populernya Sistem Penerimaan siswa baru berbasis online di Kabupaten
Lombok Timur ini. Sedangkan sekolah-sekolah dikota besar seperti Jakarta dan Surabaya
hanya menggunakan pendaftaran secara online, bahkan SMA 1 Mataram pun telah
menggunakan aplikasi ini.
1.3. RUANG
LINGKUP
Laporan Praktik Kerja Lapangan ini berisi tentang
penerimaan siswa baru berbasis online dengan sub menu antara lain Informasi
Penerimaan Siswa Baru, Pendaftaran Siswa Baru, Ubah Lihat dan Hapus Data Siswa
Baru dan Laporan Penerimaan Siswa Baru tiap tahun ajaran baru. Menu Penerimaan
Siswa Baru ini diletakkan pada website SMA Negeri 1 Aikmel yaitu www.sman1aikmel.sch.id dengan beberapa menu lain yang mendukung seperti Menu Profil Sekolah.
1.4. TUJUAN DAN
MANFAAT
1.4.1. Tujuan
-
Untuk menganalisa sistem yang digunakan pada SMA
Negeri 1 Aikmel dalam kegiatan Penerimaan Siswa Baru
-
Untuk mempermudah para siswa baru dalam melakukan
proses pendaftaran di SMA Negeri 1 Aikmel karena dapat dilakukan secara online
1.4.2.
Manfaat
-
Memperoleh usulan sistem informasi yang diperlukan
untuk meningkatkan mutu pelayanan administrasi khususnya pada kegiatan Penerimaan
Siswa Baru
-
Sebagai penerapan langsung teknologi informasi guna menghadapi era
globalisasi
-
Efisiensi kinerja dengan memanfaatkan teknologi berbasis komputer yang
mampu mambantu kinerja manusia didalamnya
-
User friendly proses yang mudah dengan mengindahkan estetika penggunaan /
pengoperasian program.
1.5 SISTEMATIKA PENULISAN
BAB I : Pendahuluan
Berisi tentang latar belakang, alasan pemilihan judul, ruang lingkup, tujuan dan manfaat dan sistematika
penulisan.
BAB II : Hasil Pelaksanaan PKL
Berisi tentang metode-metode dalam
pelaksanaan kegiatan yang meliputi lokasi penelitian, penelitian dan cara
pengambilan data, langkah perancangan dan analisis data. Bab ini menjelaskan tentang teori-teori yang
mendukung dan digunakan sebagai dasar dalam memecahkan masalah, teori-teori
tersebut diambil dari literatur yang sesuai dengan permasalahan yang dihadapi.
BAB III : Usulan Solusi Pemecahan Masalah
Berisikan analisis rancangan dari permasalahan-permasalahan yang muncul dan output yang dihasilkan
BAB IV : Implementasi dan Pembahasan
Akan menjelaskan tentang
kebutuhan software dan hardware yang digunakan, tampilan dari aplikasi dan
pembahasan.
BAB V : Penutup
Bab
terakhir membahas tentang kesimpulan dan saran yang merupakan hasil dari
penelitian yang telah dilakukan
BAB II
HASIL
PELAKSANAAN PKL
2.1.
LOKASI/TEMPAT PKL
SMA Negeri 1 Aikmel yang beralamat di Jalan Pendidikan
No. 35 Aikmel ini merupakan salah satu Sekolah Negeri yang favorit di Kabupaten
Lombok Timur. SMA Negeri 1 Aikmel berada pada lokasi yang strategis yaitu jalan
raya utama yang menghubungkan Mataram dengan Labuhan Lombok. SMA Negeri 1
Aikmel memiliki luas 25485 m2 berupa bangunan, halaman dan kebun sekolah.
Adapun batas wilayah SMA
Negeri 1 Aikmel sebagai berikut:
-
Sebelah
Utara : Jalan Raya Aikmel
-
Sebelah
Selatan : Perumahan Masyarakat
-
Sebelah
Barat : Jalan Raya Aikmel
-
Sebelah
Timur : Persawahan Penduduk
SMA Negeri 1 Aikmel diresmikan oleh Menteri Pendidikan
dan Kebudayaan Republik Indonesia Prof. DR. Fuad Hassan pada tanggal 20 November
1985.
SMA Negeri 1 Aikmel memiliki guru tetap dan guru tidak
tetap yang berjumlah 44 orang, sedangkan pegawai tetap dan pegawai tidak tetap
berjumlah 16 orang. Sarana dan prasarana yang dimiliki SMA Negeri1 Aikmel sudah
mencukupi untuk kegiatan belajar mengajar seperti ruang belajar yang berjumlah
20 ruang, ruang laboratorium 2 ruang dan ruang kegiatan lainnya yang semuanya
berjumlah 40 ruang. Selain itu peralatan yang memiliki SMA Negeri 1 Aikmel
sangat menunjang ilmu pengetahuan dan teknologi seperti computer, laptop, LCD
dan lainnya, sehingga kemampuan yang dimiliki para siswa semakin meningkat.
Kemampuan guru-guru dan pegawai di lingkungan SMA
Negeri 1 Aikmel dalam menggunakan computer dapat dinilai cukup baik karena
pihak sekolah sering mengadakan workshop teknologi informatika dan computer
dilingkungannya sendiri maupun mengadakan kerjasama dengan pihak lain. Bahkan
kepala sekolah SMA Negeri 1 Aikmel pernah menjadi guru TIK dan fasilitator TI
tingkat Nasional. Diruang Tata Usaha terdapat 3 komputer dan 2 laptop sebagai
penunjang kegiatan serta wakil kepala sekolah telah memiliki laptop yg
digunakan untuk menujang kegiatannya pula. Guru-guru pun menggunakan laptop
dalam memberikan materi pelajaran kepada para siswa.
SMA Negeri 1 Aikmel juga telah memiliki jaringan
internet dan dijadikan sebagai pusat informasi diwilayah Aikmel sehingga warga
SMA Negeri 1 Aikmel dan sekitarnya masuk dalam area hotspot tetapi hanya untuk
orang-orang tertentu yang dapat menggunakannya karena jaringan internetnya menggunakan
password. Laboratorium computer juga menggunakan jaringan internet.
Kemampuan yang dimiliki SMA Negeri 1 Aikmel ini tentu
memudahkan pihak sekolah mengadakan Penerimaan Siswa Baru berbasis web ini.
Adapun Struktur Organisasi Sekolah sebagai berikut :
2.2. PENGUMPULAN
DATA
a. Interview
Dalam
pencarian data di sekolah,
melakukan tanya jawab langsung dengan pihak yang berkaitan dengan objek
penelitian. Dalam hal ini dengan Panitia
Penerimaan Siswa baru
b. Dokumentasi
Mendapatkan
dokumen-dokumen berupa data siswa baru
tahun ajaran 2010/2011 yang ada dalam SMA Negeri 1 Aikmel Kabupaten Lombok Timur, yang digunakan
untuk diolah sebagai objek perancangan sistem aplikasi. Dalam metode ini digunakan landasan teori
dari beberapa buku dan referensi yang berhubungan dengan topik yang akan
dibahas. Selain beberapa buku sebagai sumber pustaka didapatkan juga dari situs-situs.
2.3. ANALISA
TERHADAP SISTEM/PROSEDUR
YANG BERJALAN
Suatu prosedur atau
tahap-tahap yang dilakukan sebelum memulai suatu kegiatan untuk menyelesaikan
suatu pekerjaan disebut prosedur sistem. Sesuai dengan ruang lingkup yang
dibahas dalam
penyusunan Laporan
Praktek Kerja Lapangan ini, maka
prosedur sistem berjalan yang diambil dari Penerimaan Siswa Baru pada SMA Negeri 1 Aikmel yang
selama ini telah melewati beberapa proses sebagai berikut :
a. Proses
Pendaftaran Siswa Baru
Proses
Pendaftaran Siswa Baru
terbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah proses pengisian formulir pendaftaran siswa baru yang diberikan panitia sesuai
dengan jalur masuk yang dipilih. Bagian kedua adalah menyerahkan berkas-berkas sebagai syarat pendaftaran
bersama formulir pendaftaran yang telah diisi calon siswa baru menurut jalur
masuk yang dipilih. Waktu pendaftaran sesuai
dengan batas waktu yang di tentukan. Bagi
calon siswa baru yang mendaftar melalui jalur test akan
diberikan kartu ujian seleksi penerimaan siswa baru sebagi bukti dapat
mengikuti ujian tertulis yang waktunya telah ditentukan. Sedangkan siswa baru
yang melalui jalur prestasi dan tahfiz Al-Quran yang telah dinyatakan lulus
seleksi hanya tinggal mendaftar ulang saja. Jalur masuk SMA Negeri 1 Aikmel
terdiri 3 jalur yaitu:
1. Jalur Test dengan menyerahkan SKHUN atau Surat
Keterangan Lulus
2. Jalur Prestasi dengan menunjukkan Nilai Raport dan
SKHUN serta nilai UN
3. Jalur Tahfiz Al-Qur’an yaitu menghapal Al-Qur’an
minimal 1 juz
b. Proses
Seleksi Siswa Baru
Setelah semua formulir pendaftaran siswa baru diisi dan
berkas-berkas pendaftaran diterima oleh Panitia Penerimaan Siswa Baru
maka proses selanjutnya diadakan
seleksi ujian tertulis kepada calon siswa baru yang masuk mendaftar melalui jalur test.
Panitia penerimaan mahasiswa baru akan mengeluarkan
List atau Daftar Calon siswa baru yang akan
di seleksi sesuai dengan kartu peserta
ujian test tertulis yang telah diberikan. Dengan
membawa peserta ujian tersebut calon siswa baru akan diberikan lembar soal dengan waktu dan
lokasi ujian yang telah ditentukan pula oleh panitia penerimaan siswa baru.
Kemudian pada hari berikutnya panitia penerimaan siswa
baru akan mengeluarkan pengumuman hasil ujian test tertulis.
c. Proses
Penerimaan Siswa Baru
Calon
Siswa Baru yang telah menerima
pengumuman dan telah dinyatakan lulus ujian seleksi penerimaan siswa baru, lulus secara akan
melakukan pendaftaran ulang, begitu juga dengan calon siswa baru yang lulus
melalui jalur prestasi dan Tahfiz AlQur’an.
Biaya Pendaftaran ulang bagi siswa baru ditentukan
oleh sekolah dan harus dibayar lunas. Panitia Penerimaan Siswa Baru akan merekap
data siswa baru untuk diarsipkan dan dilaporkan ke Kepala Sekolah
d. Proses
Laporan Hasil Penerimaan Siswa Baru
Semua
kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi
pengisian formulir pendaftaran siswa, menyerahkan
berkas-berkas sebagai syarat pendaftaran, menyerahkan uang pendaftaran dan seleksi
penerimaan siswa
baru sampai disusunnya
daftar siswa baru yang terima SMA Negeri 1 Aikmel
untuk dilaporkan kepada Kepala Sekolah
2.4. HASIL
TEMUAN / PERMASALAHAN
Masih belum menggunakan program aplikasi yang memudahkan Panitia
Penerimaan Siswa Baru, walaupun dalam pengolahan datanya sudah menggunakan
komputer namun belum efisiennya sistem yang digunakan,
sehingga banyak terjadi kekurangan disana-sini. Masalah yang dihadapi seperti :
a. Masih
sering terjadi kesalahan dalam
penyusunan laporan penerimaan siswa baru
b. Calon siswa baru atau orang tua siswa baru harus
mendatangi sekolah untuk melakukan pendaftaran baik itu pengambilan formulir,
pengisian formulir, penyerahan formulir yang sudah diisi, penyerahan
berkas-berkas sebagai syarat pendaftaran
dan kegiatan lainnya
c. Lamanya waktu Panitia penerimaan siswa baru dalam
proses pemasukan data calon siswa baru dari lembar formulir pendaftaran ke
komputer
2.5. KENDALA-KENDALA
YANG DIHADAPI SELAMA PKL
a. Kurangnya data penerimaan siswa baru yang digunakan
sebagai contoh input data dalam aplikasi penerimaaan siwa baru berbasis online
yang akan dirancang.
b. Beberapa panitia penerimaan siswa baru tahun ajaran
2010/2011 telah pindah ke sekolah lain sehingga berkurangnya narasumber yang
dibutuhnya.
2.6. SOLUSI
PEMECAHAN
MASALAH
a. Menggunakan sistem aplikasi yang berbasis online pada
penerimaan siswa baru,karena hal ini
sangat dibutuhkan dalam kegiatan pengisian
formulir pendaftaran hingga penyusunan laporan penerimaan siswa baru.
b.
Untuk memperlancar
penyelesaian pekerjaan Panitia
Penerimaan Siswa Baru dalam mengolah data calon siswa baru
yang berbasis computer
c.
Untuk memudahkan
calon siswa baru dan orang tua calon siswa baru dalam melakukan pendaftaran
melalui website sekolah
BAB III
USULAN SOLUSI PEMECAHAN MASALAH
3.1. USULAN ORGANISASI
Informasi adalah data yang berguna yang selanjutnya diolah
sehingga dapat dijadikan dasar untuk mengambil keputusan yang tepat. Sistem
informasi adalah sekumpulan sumber daya yang diatur untuk mengubah data
menjadi informasi. Efisiensi
kegiatan Penerimaan Siswa baru dapat ditingkatkan dengan sistem informasi yang baik.
Masalah yang dihadapi beberapa sekolah
termasuk SMA Negeri 1 Aikmel saat ini adalah belum adanya Sistem Informasi Penerimaan Siswa
Baru berbasis online padahal bila dilihat pada website sekolah www.sman1aikmel.sch.id terdapat
menu Penerimaan Siswa Baru tetapi tidak ada isinya. Pada saat ini Penerimaan
Siswa Baru berbasis online belum diketahui oleh semua calon siswa baru tetapi
semakin berkembangnya zaman, tidak menutup kemungkinan beberapa tahun kedepan,
SMA Negeri 1 Aikmel tidak lagi menggunakan cara biasa dengan mendaftar langsung
ke sekolah namun siswa baru harus mendaftar melalui website yang sekolah. Mau
tidak mau semua komponen brainware yang berhubungan dengan kegiatan Penerimaan
Siswa Baru berbasis online harus memiliki kemampuan dan Sistem Informasi yang
ada harus lebih diperketat pengamanannya karena ada kemungkinan terjadinya penyalahgunaan
oleh orang-orang yang ingin menghancurkan system atau kegiatan apapun yang
dapat mengganggu kegiatan penerimaan siswa baru berbasis online ini. Melalui
Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru ini juga dapat memberikan informasi yang
cepat dan akurat kepada siswa baru yang telah mendaftar.
3.2. USULAN HARDWARE/SOFTWARE
Perangkat lunak merupakan sistem modul yang berfungsi
untuk memasukkan, menyimpan, menghapus dan menampilkan data yang diperlukan. Data
hasil pengisian formulir pendaftaran siswa baru berbasis online telah menjadi
satu dengan data penerimaan siswa baru. Data siswa baru tersebut dimasukkan ke
komputer melalui unit masukan untuk disimpan dalam database. Bila diperlukan
data yang telah disimpan tersebut dapat ditampilkan melalui layar monitor atau
dicetak untuk bahan laporan (dalam bentuk lembaran). Data ini juga dapat diubah
agar data yang dimasukkan benar dan sesuai dengan identitas siswa baru.
Software yang digunakan penulis untuk membuat Sistem
Informasi Penerimaan Siswa Baru di SMA Negeri 1 Aikmel ini sebagai berikut:
a) XAMPP
XAMPP merupakan salah satu
paket instalasi Apache, PHP dan MySQL instant yang dapat digunakan untuk
membantu proses instalasi ketiga produk tersebut. Selain itu, XAMPP bersifat freeware atau gratis untuk
digunakan. XAMPP
merupakan pengembangan dari LAMP (Linux Apache, MySQL, PHP and PERL), XAMPP ini
merupakan project non‐profit yang di kembangkan oleh Apache Friends yang
didirikan Kai 'Oswalad' Seidler dan Kay Vogelgesang pada tahun 2002, project
mereka ini bertujuan mempromosikan pengunaan Apache web server. (http://tobby.synthasite.com/resources/XAMPP.doc).
ApacheFriends XAMPP (basic package) version 1.5.4 :
(1)
Apache
2.2.3
(2)
MySQL
5.0.24a
(3)
PHP 5.1.6 +
PHP 4.4.4 + PEAR
(4)
PHP-Switch
win32 1.0
(5)
XAMPP
Control Version 2.3 from www.nat32.com
(6)
XAMPP
Security 1.0
(7)
SQLite
2.8.15
(8)
OpenSSL
0.9.8c
(9)
phpMyAdmin
2.8.2.4
(10) ADOdb 4.91
(11) Mercury Mail Transport System v4.01b
(12) FileZilla FTP Server 0.9.18
(13) Webalizer 2.01-10
(14) Zend Optimizer 3.0.1
(15) eAccelerator0.9.5 RC1 für PHP 5.1.6
Minimal system yang dapat digunakan untuk menginstall
Xampp :
(1)
64 MB RAM
(recommended)
(2)
200 MB free
Fixed Disk
(3)
Windows 98,
ME
(4)
Windows NT,
2000, XP (Recommended)
b) PHP
PHP pertama kali dibuat dan
diperkenalkan oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. PHP merupakan akronim dari
Personal Home Page. Generasi awal PHP digunakan untuk kebutuhan pribadi saja,
namun karena kebutuhan penggunaan yang semakin kompleks maka dikembangkan PHP
yang dilengkapi beberapa fungsi untuk pengaksesan ke dalam database dengan
tujuan membangun halaman web menjadi lebih dinamis. PHP adalah bahasa
interpreter yang diintegrasikan kedalam Web Server seperti Apache untuk
menghasilkan aplikasi yang dapat dijalankan dalam internet maupun intranet. (http://diyanfebri.student.umm.ac.id/ files/2010/02/Pengantar-PHP1.doc).
Sebagai
bahasa program berbasis web, PHP mempunyai lebih banyak kelebihan dibandingkan
bahasa sejenis lainnya. PHP adalah produk open source yang tentu saja dapat
didistribusikan secara gratis tanpa dikenai dibiaya. Beberapa hal yang menonjol
dari PHP dibandingkan
bahasa program yang lain seperti ASP, antara lain :
(1) Mempunyai
fleksibilitas tinggi karena menggunakan bahasa C yang merupakan High Level
Programming Language.
(2) Berjalan
di banyak platform seperti UNIX, Linux, Mac OS dan Windows 95/98/2000.
(3) Mempunyai
fungsi akses ke database seperti MySQL, Oracle, PostgreSQL, dan lain-lain.
(4) Mempunyai
banyak fungsi “built-in”.
(5) Relatif
lebih secure terhadap serangan virus atau worm. (http://pn-malang.go.id/upload.../TUTORIAL%20PHP%20&%20MYSQL.doc).
c) APACHE
Apache
adalah software web server yang paling populer karena memiliki
fasilitas-fasilitas yang cukup lengkap dan
dapat kita gunakan bersama PHP. Fasilitas atau ciri
khas dari web server apache adalah :
(1)
Dapat dijadikan
pengganti bagi NCSA web server
(2)
Apache web server dalam
merespon client jauh lebih cepat dari server NCSA
(3)
Mampu dikompilasi
sesuai dengan spesifikasi HTTP yang sekarang
(4)
Apache menyediakan
feature untuk multihomed dan virtual server.
(5)
Dapat menetapkan respon
error yang akan dikirim web server dengan menggunakan file atau skrip.
(6)
Web Server apache
memiliki level-level pengamanan.
(7)
Performansi dan
konsumsi sumber dayanya tidak terlalu banyak, hanya sekitar 20Mb untuk
file-file dasarnya dan setiap daemon-nya hanya memerlukan sekitar 950KB memory
per child.
(8)
Mendukung secure transaction menggunakan SSL (Secure Socket Layer).
(9)
Mendukung modul-modul
tambahan. (http://berkas.sytes.net/.../Modul%20 Teori%20-%20Modul%20Apache-html-php.doc).
d) MySQL
MySQL adalah sebuah perangkat
lunak sistem manajemen basis data
relasional SQL
(database management system) atau DBMS yang multithread, multi-user,
dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL
tersedia sebagai perangkat lunak gratis dibawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi
mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus dimana
penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL.
MySQL
dimiliki dan disponsori oleh sebuah perusahaan komersial Swedia MySQL AB, dimana memegang
hak cipta hampir atas semua kode sumbernya. Kedua orang Swedia dan satu orang Finlandia
yang mendirikan MySQL AB adalah: David Axmark, Allan Larsson, dan Michael
"Monty" Widenius. MySQL sebenarnya merupakan turunan salah
satu konsep utama dalam basisdata yang telah ada sebelumnya; SQL (Structured Query
Language). SQL adalah sebuah konsep pengoperasian basisdata, terutama untuk
pemilihan atau seleksi dan pemasukan data, yang memungkinkan pengoperasian data
dikerjakan dengan mudah secara otomatis. MySQL mendukung operasi basisdata
transaksional maupun operasi basisdata non-transaksional. (http://presentsirait.files.wordpress. com/2009/01/panduan-mysql.doc).
MySQL
memiliki beberapa keistimewaan, antara lain :
(1)
Portabilitas. MySQL dapat berjalan stabil pada
berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, FreeBSD, Mac Os X Server,
Solaris, Amiga, dan masih banyak lagi.
(2) Perangkat lunak sumber terbuka.
MySQL didistribusikan sebagai perangkat lunak sumber terbuka,
dibawah lisensi GPL
sehingga dapat digunakan secara gratis.
(3) Multi-user. MySQL dapat
digunakan oleh beberapa pengguna dalam waktu yang bersamaan tanpa mengalami
masalah atau konflik.
(4) 'Performance tuning', MySQL memiliki
kecepatan yang menakjubkan dalam menangani query sederhana, dengan kata lain
dapat memproses lebih banyak SQL per satuan waktu.
(5) Ragam tipe data.
MySQL memiliki ragam tipe data yang sangat kaya, seperti signed / unsigned
integer, float, double, char, text, date, timestamp, dan lain-lain.
(6) Perintah dan Fungsi.
MySQL memiliki operator dan fungsi secara penuh yang mendukung perintah Select
dan Where dalam perintah (query).
(7) Keamanan. MySQL memiliki
beberapa lapisan keamanan seperti level subnetmask, nama host, dan izin akses user dengan
sistem perizinan yang mendetail serta sandi terenkripsi.
(8) Skalabilitas dan Pembatasan.
MySQL mampu menangani basis data dalam skala besar, dengan jumlah rekaman (records) lebih dari 50
juta dan 60 ribu tabel serta 5 milyar baris. Selain itu batas indeks yang dapat
ditampung mencapai 32 indeks pada tiap tabelnya.
(9) Konektivitas. MySQL dapat
melakukan koneksi dengan klien menggunakan protokol TCP/IP,
Unix soket (UNIX), atau Named Pipes (NT).
(10) Lokalisasi. MySQL dapat
mendeteksi pesan kesalahan pada klien dengan menggunakan lebih dari dua puluh
bahasa. Meski pun demikian, bahasa Indonesia belum termasuk di dalamnya.
(11) Antar Muka. MySQL memiliki
antar muka (interface) terhadap berbagai aplikasi dan bahasa pemrograman dengan
menggunakan fungsi API
(Application Programming Interface).
(12) Klien dan Peralatan.
MySQL dilengkapi dengan berbagai peralatan (tool)yang dapat digunakan
untuk administrasi basis data, dan pada setiap peralatan yang ada disertakan
petunjuk online.
(13) Struktur tabel. MySQL memiliki
struktur tabel yang lebih fleksibel dalam menangani ALTER TABLE, dibandingkan
basis data lainnya semacam PostgreSQL ataupun Oracle.
e) HTML
Hypertext
Markup Language (HTML) adalah format standard yang
digunakan untuk membuat halaman web. HTML merupakan pengembangan dari standar
pemformatan dokumen teks yaitu SGML (Standard
Generalized Markup Language). Selain HTML, subset lain dari SGML antara lain
XML (eXtensible Markup Language), SMIL (Synchronized Multimedia Integration
Language), dan MathML (Mathematical Markup Language). Versi terakhir HTML saat
ini adalah HTML 4.01.
HTML sebenarnya adalah dokumen ASCII atau teks biasa, yang dirancang untuk
tidak tergantung pada suatu sistem operasi tertentu.
(http://warjana.files.wordpress.com/2008/10/instalasi-web-server.doc).
HTML
dibuat oleh Tim Berners-Lee ketika masih bekerja untuk CERN dan dipopulerkan
pertama kali oleh browser Mosaic. HTML versi terbaru adalah HTML 4.01 yang
dikeluarkan secara resmi oleh W3C pada tanggal 24 April 1998. HTML merupakan
perbaikan dari HTML 4.0 yang lebih dulu diterbitkan. (18 Desember 1997).
File HTML berupa file teks yang terdiri
dari 2 bagian: content (isi), yaitu
berupa teks yang akan ditampilkan oleh browser dan markup atau tags yang
menjelaskan bagaimana teks tersebut diinterpretasi oleh browser. (http://xa.yimg.com/kq/groups/23178201/235455022/name/Sejarah+HTML.doc).
Mendesain
HTML dapat dilakukan dengan dua cara:
1.
Menggunakan HTML Editor, seperti Microsoft FrontPage, Adobe
Dreamweaver, dan lain-lain. Dapatkan editor HTML lainnya disini.
2.
Dengan cara menuliskan sendiri secara manual satu persatu
tag-tag HTML ke dalam dokumen HTML. (http://berkas.sytes.net/.../Modul%20Teori%20-%20Modul%20Apache-html-php.doc).
f) MACROMEDIA DREAMWEAVER MX 2004
Dreamweaver merupakan program profesional
editor HTML visual yang digunakan untuk mengelola situs dan menata layout
halaman web. Saat ini versi terbaru dari Dreamweaver yang dikeluarkan oleh
Macromedia adalah Dreamweaver MX 2004. pada versi ini, tampilannya mengalami
perubahan yang kaya akan warna dan area kerjanya menjadi lebih ringkas dan
efisien. Hal ini dapat dilihat dengan peletakan tombol-tombol dan panel-panel
yang dapat minimize (disembunyikan) untuk menghemat area kerja. (http://bestfuture. files.wordpress.com/2009/10/dreamweaver.doc)
Disamping
itu, masih banyak terdapat penambahan fasilitas-fasilitas lainnya yang membuat
Dreamweaver MX lebih powerfull, seperti
kemampuan menangani penyuntingan kode dengan lebih baik, menangani
dokumen-dokumen baru seperti XHTML, kemampuan validasi dan debug di browser, panel snippets
yang berfungsi untuk menyunting dan menyimpan blok kode yang sering
digunakan, serta fasilitas penanganan berbagai database (Mutmainah, 2006:2).
(1) Ruang
Kerja
Ketika
Anda memulai Dreamweaver tanpa membuka sebuah dokumen, makan akan tampil
halaman awal Dreamweaver pada lembar kerja. Halaman awal akan memudahkan
pengguna dalam mengakses tutorial, memilih file yang pernah dibuka, membuat
halama baru, membuat halaman dari contoh dan Dreamweaver Exchange, dimana anda
dapat menambahkan kemampuan baru dari beberapa tampilan Dreamweaver.
Gambar 3.1. Ruang Kerja Macromedia Dreamweaver MX 2004
Ruang
kerja pada Dreamweaver MX 2004 memiliki komponen komponen yang memberikan
fasilitas dan ruang untuk menuangkan kreasi anda dalam bekerja, seperti dalam
gambar dibawah ini. Komponen-komponen yang disediakan oleh ruang kerja
Dreamweaver MX 2004 antara lain adalah
insert bar, Document toolbar, Document window, Kelompok panel, tag selector,
Property inspector dan Site
panel.
Gambar 3.2. Tampilan Ruang Kerja
1.
Document window :
berfungsi untuk menampilkan dokumen diman anda sekarang bekerja
2.
Insert Bar :
mengandung tombol-tombol untuk menyisipkan berbagai macam objek seperti image,
tabel dan layer ke dalam dokumen.
3.
Document toolbar :
berisi tombol-tombol dan menu pop-up yang menyediakan tampilan berbeda dari
Document window.
4.
Files panel :
memperlihatkan group file berdasrkan site yang sedang dikerjakan.
5.
Tag Selector :
berfungsi menampilkan hirarki tag di sekitar pilihan yang aktif pada desin
view.
6.
Property Inspector :
digunakan untuk melihat dan mengubah berbagai properti objek dan teks
7.
Site panel :
digunakan untuk mengatur file dan folder yang membentuk situs web anda.
(2) Menu
Utama
Sistem
menu yang terdapat dalam Dreamweaver sangatlah sederhana dan mudah untuk
dipahami karena perintah yang terdapat pada hamper sebagian besar fungsi menu
terdapat juga dalam panel. Anda tidak akan menghabiskan waktu dengan perintah
yang terdapat pada menu tetapi akan lebih banyak bekerja dengan panel. Di dalam
sistem menu Dreamweaver terdapat beberapa komponen yang dapat digunakan, yakni
:
1. Menu
file dan Menu edit : Berisi
item menu standar untuk menu file dan menu Edit seperti New, Open, Save, Save
all, Cut, Copy, Paste, Undo dan Redo. Menu file terdiri dari beberapa macam
perintah untuk menampilkan atau membuat dokumen baru, seperti Preview in
browser dan Print code. Menu edit berisi perintah untuk pemilihan, seperti
Select parent tag dan Find dan Replace.
2. Menu
View : Berisi perintah untuk
menampilkan beberapa macam tampilan dari dokumen anda (seperti tampilam design
view dan tampilan code) dan untuk menampilkan dan menyembunyikan beberapa
elemen halaman dan tombol Dreamweaver dan toolbar.
3. Menu
Insert : Berisikan
alternatif baris Insert untuk menyisipkan obyek dalam dokumen.
4. Menu
Modify : Berfungsi
untuk melakukan perubahan properti item atau halaman terpilih. Dengan
menggunakan menu ini anda dapat mengedit atribut tag, mengganti tabel dan elemen
tabel dan bermacam bentuk aksi untuk item librari dan template.
5. Menu
Text: Berfungsi untuk
mempermudah dalam melakukan format teks
6. Menu
Command : Berisi akses ke
beberapa perintah, format kode yang sesuai dengan format pilihan anda. Membuat
photo album, dan melakukan pengeditan gambar.
7. Menu
Site : Berisi
item menu untuk mengelola situs dan melakukan upload dan download file
8. Menu
window : Menyediakan akses ke
seluruh panel, inspector dan jendela dalam Dream weaver
9. Menu
Help : Akses
menuju bantuan berupa dokumentasi yang telah disediakan.
(3) Baris
Standar
Pada
saat anda membuka jendela Dreamweaver MX, secara default hanya menampilkan
Document Bar tanpa menampilkan Standard Bar.
Gambar 3.3. Tampilan Standard Bar
Untuk
menambahkan atau mengaktifkan Standard Bar, langkah-langkahnya sebagai
berikut :
1.
Buatlah dokumen baru
2.
Pilih perintah menu View
> Toolbars sehingga tampil submenu Document dan
Standard dan klik pilihan Standard untuk
menampilkan standard bar
3.
Gunakan perintah yang
sama untuk menyembunyikan tampilan Standar bar. Untuk menyembunyikan,
anda bisa mengklik pilihan yang sudah terpilih.
Tabel
3.1. Menu File
(4) Baris
Tombol Dokumen
Document
Toolbar berisi tombol-tombol dan menu pop-up yang menyediakan tampilan berbeda
dari document window. Anda dapat memberikan judul document window pada bagian Title.
Gambar 3.4. Tampilan Dokumen Toolbar
Tabel 3.2. Dokumen Toolbar
(5) Baris
Insert
Terdiri
dari tombol-tombol untuk membuat dan menyisipkan obyek seperti tabel, layer dan
gambar. Ketika anda menggulung pointer melewati sebuah tombol, tampil sebuah
kotak keterangan dengan menampilkan nama tombol.
Gambar 3.5. Tampilan Insert Bar sebelum diganti
Untuk
mengganti tampilan Insert Bar, Anda dapat memilih Show as Tabs pada menu
tarik. Selanjutnya tampilan Insert Bar akan berubah menjadi Tabulasi diatas
Insert Bar
Gambar 3.6. Tampilan Insert Bar
setelah diganti
Baris
Insert digunakan untuk mengatur beberapa kategori pilihan sebagai
berikut :
1. Common
memungkinkan untuk membuat dan menyisipkan beberapa
penggunaan obyek biasa, seperti gamabr dan tabel diatas.
2. Layout
memungkinkan untuk menyisipkan tabel, div tag,
layer, dan frame. Kita dapat memilih 3 tampilan tabel : Standard (default),
Expanded Tables dan Layout. Ketika mode tampilan dipilih. Kita dapat
menggunakan tombol layout dreamweaver : Draw Layout Cell dan Draw Layout Table.
3. Forms
berisi tombol-tombol untuk membuat form dan
menyisipkan elemen form
4. Text
memungkinkan kita untuk menyisipkan beberapa teks
dan daftar format tag, seperti b, em, p, h1 dan ul.
5. HTML
menyediakan fasilitas untuk menyisipkan tag HTML
untuk mistar horizontal, head content, tabel, frame dan script.
6. Server-code
disediakan untuk halaman-halaman yang menggunakan
bahasa khusus seperti : ASP, ASP.NET, CFML Basic, CFML Flow, CFML Advanced, JSP
dan PHP. Selain itu juga disediakan obyek-obyek server-code yang dapat
disisipkan dalam tampilan code.
7. Application
memungkinkan kita untuk menyisipkan elemen dinamis
seperti recordset, repeated region dan record insertion dan update form.
8. Flash
Elements untuk menyisipkan objek flash
9. Favorites
untuk mengelompokkan dan mengatur tombol-tombol
baris insert yang anda gunakan dalam satu wadah.
(6) Jendela
Dokumen
Document
Window merupakan bagian yang digunakan untuk mendesain halama web. Dalam
Document Window dipakai untuk menyisipkan teks, image serta objek lain yang
mendukung pembuatan situs web. Tidak seperti versi sebelumnya, Dreamweaver MX
memuat dokumendokumen yang sedang dibuka dalam jendela yang sama. Jika anda
perhatikan untuk dokumen yang terbuka dalam jendela yang sama, akan disimpan
dalam tab-tab seperti lembar kerja pada Microsoft Excel.
Dengan
demikian anda dapat dengan mudah berpindah antar dokumen tanpa harus menutup
tampilan jendela yang sudah terbuka, yaitu dengan mengklik tab dokumen yang
anda inginkan.
Gambar
3.7. Tampilan Jendela Dokumen
(7) Panel
Group
Merupakan
kumpulan panel yang saling berkaitan satu sama lain yang dikelompokkan bersama
dibawah satu judul. Kalau diperhatikan pada bagian panel group, disitu terdapat
beberapa panel yang tersusun secara rapi pada bagian sebelah kanan window.
Kelompok panel tersebut antara lain : Design, Code, Application, Files dan
Answer. Pada setiap bagian dari panel group terdapat beberapa macam panel lagi,
misalnya pada panel group Design berisikan panel HTML, Style, CSS Style dan
Behaviour. Pada bagian panel group Files terdapat panel Site dan Assets. Untuk
menguraikan panel group, anda bisa klik panah expander di sebelah kiri nama
group.
Kita
juga dapat memisahkan panel group yang tersusun tersebut dengan menggeser mouse
pada bagian pojok kiri dari judul group sampai panel tersebut terlepas dari
panel group.
Gambar
3.8. Tampilan Panel Group terlepas
(8) File
Panel
Merupakan
bagian dari panel group selain panel Assets. Bagian ini berfungsi untuk
mengatur file dan folder yang akan membentuk situs Anda. Panel ini memiliki
fungsi lain yang cukup penting karena memungkinkan untuk mengatur dan bekerja
terhadap file-file tersebut dengan efisien.
Gambar
3.9. Tampilan Panel Group tersusun
(9) Tag
Inspector
Salah
satu fasilitas terbaru dari Dreamweaver MX. Dalam hal tag Inspector anda dapat
melihat struktur hirarki tag dan atribut-atribut yang dapat ditambahkan atau di
edit.
Gambar
3.10. Tampilan Tag Inspector
(10) Tag
Selector
Terdapat
pada bagian bawah document window atau pada bagian status bar. Fungsi dari Tag
selector adalah untuk menampilkan hirarki tag pada design view yang aktif. Pada
saat anda mengaktifkan jendela document window, secara otomatis pada bagian
status bar akan muncul indikator <body>
Gambar 3.11. Tampilan Tag Selector
(11) Property
Inspector
Digunakan
untuk melihat dan mengubah berbagai properti objek dan teks yang terpilih.
Setiap objek maupun teks mempunyai properti yang berbeda-beda. Contoh Properti Teks
: jenis font, ukuran, perataan dsb. Untuk Image : nama image, ukuran
image dsb.
Gambar
3.12. Property Inspector Text
Gambar
3.13. Property Inspector Image
3.3. USULAN TENAGA KERJA (BRAINWARE)
Brainware merupakan kemampuan manusia dalam pengelolaan
dan pemanfaatan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru di SMA Negeri 1 Aikmel
secara efektif. Bagaimanapun juga manusia merupakan subjek (pelaku) yang
mengendalikan seluruh sistem, sehingga sangat dituntut kemampuan dan
penguasaannya terhadap ilmu dan teknologi mutakhir. Selain itu diperlukan pula
kemampuan untuk memadukan pengelolaan dengan pemanfaatan Sistem Informasi
Penerimaan Siswa Baru agar data dapat digunakan secara efektif dan efisien.
Adanya koordinasi dalam pengelolaan data siswa baru
sangat diperlukan agar informasi yang diperoleh dapat membantu dan memudahkan
siswa baru dalam kegiatan Penerimaan Siswa Baru ini.
Dalam Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru ini memiliki
2 user. Pertama, admin sebagai administrator yang memiliki akses dalam
pengolahan data pada aplikasi ini. Kedua, setiap pendaftar yang mendaftar secara
online melalui website dengan mengisi form input. dan hanya memiliki akses untuk
menginput data identitas diri saja, sedangkan data lain tidak dapat diubah-ubah.
3.4. USULAN
SISTEM BARU
3.4.1. GAMBARAN
SISTEM USULAN
Hasil rancangan dan pembuatan program diuraikan dan
dijelaskan secara deskriptif naratif
(gambaran secara umum). Penafsiran dan penarikan kesimpulan dilakukan
berdasarkan setiap langkah pembuatan program. Simpulan akhir ditentukan oleh
berhasil tidaknya program dijalankan sesuai dengan rancangan.
Proses pengolahan data yang terorganisir berdasarkan
rancangan system yang dibuat diawali dengan memasukkan data oleh siswa baru
yang mendaftar secara online menjadi input dalam Sistem Informasi Penerimaan
Siswa Baru di SMA Negeri 1 Aikmel. Kemudian data diaplikasikan secara langsung
oleh system sehingga data siswa baru yang mendaftar secara online dapat
diketahui oleh Panitia Penerimaan Siswa Baru dan tersimpan di database.
Bentuk informasi yang akan diterapkan pada kegiatan
Penerimaan Siswa Baru SMA Negeri 1 Aikmel adalah data-data input yang sudah
dimasukkan dalam database yang berupa tabel-tabel dan informasi-informasi
secara langsung dari siswa baru untuk dijadikan sebagai dasar dalam penyusunan
system infomasi.
Siswa baru yang mendaftar secara online dapat
melakukan perubahan dan penghapusan data yang dimasukkan sebagai input namun
untuk masuk ke Menu Penerimaan Siswa Baru, siswa baru harus melakukan
registrasi, kemudian system akan meminta user dan password yang akan digunakan
siswa baru untuk dapat mengakses informasi dan perubahan-perubahannya. Data
yang dapat diubah hanya data siswa baru itu sendiri, data siswa baru yang lain
tidak dapat dibuah-ubah karena user dan password yang dimiliki hanya untuk satu
siswa baru yang telah mendaftar. Sehingga dengan adanya system registrasi dan
menu login ini dapat mengamankan data dari orang-orang yang tidak bertanggung
jawab.
3.4.2. SASARAN/INFORMASI SISTEM USULAN
1.
Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru akan menghasilkan output berupa
pelaporan atas seluruh data siswa baru yang mendaftar secara online dan disajikan dalam bentuk laporan Penerimaan
Siswa Baru SMA Negeri 1 Aikmel yang dirancang secara sistematis dan mengadopsi teknologi
informasi ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam melakukan pemasukan input
data siswa baru dan dan
menyajikan informasi yang akurat dan cepat.
2.
Sistem Informasi Penerimaan Siswa baru yang telah terkomputerisasi, akan
menghasilkan laporan Penerimaan Siswa Baru berupa daftar siswa baru yang
diterima di tiga jalur masuk SMA Negeri 1 Aikmel dan laporan pendukung lainnya.
3.
Dengan adanya Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru berbasis
online yang tentunya telah terkomputerisasi dan terintegrasi maka diharapkan dapat
memberikan kemudahan dalam melakukan pendaftaran bagi siswa baru dengan
memasukkan identitas masing-masing siswa baru, yang kemudian diolah dan disajikan
dalam bentuk
informasi yang akurat serta cepat yaitu dapat ditampikan, diubah atau dihapus sama
sekali. Hal ini
sangat memungkinkan karena system informasi penerimaan siswa baru telah disusun sedemikian rupa
sehingga dapat menangani pendaftaran siswa baru secara on-line, bahkan data yang
ada dapat digunakan untuk informasi dalam pembagian kelas pengisian buku
induk siswa dan lain-lain.
3.4.3. JADWAL PEMBUATAN SISTEM USULAN
a)
Tahap Persiapan:
1. Pemilihan Lokasi Praktik Kerja Lapangan
(ditentukan oleh kampus) dan dilakukan sendiri-sendiri.
2. Survey awal, yang mencakup:
(1)
item identitas
siswa baru yang dibutukan dan kemampuan yang dimiliki dengan melampirkan bukti
kependidikan
(2)
mempelajari aplikasi dan database yang sudah dimiliki
(3)
mempelajari manual dan kebijakan sekolah
dalam kegiatan Penerimaan Siswa Baru
(4)
Inventarisasi permasalahan serta mempelajari informasi dan format
laporan yang diinginkan.
3.
Penyusunan spesifikasi SIPSB (Sistem Informasi Penerimaan
Siswa Baru).
4.
Penyusunan uraian rinci tahap pembuatan system informasi,
laporan Penerimaan Siswa Baru, Laporan PKLdan jadwal pembuatannya.
b)
Tahap Penyusunan SIPSB
1.
Penyusunan struktur database.
2.
Transfer data dari format database lama kepada struktur
database yang baru.
3.
Penyusunan program aplikasi SIPSB yang meliputi perancangan output,
formulir pendaftaran dan
program/aplikasi.
4.
Pengujian awal aplikasi SIPSB.
5.
Penyesuaian kembali aplikasi SIPSB.
6.
Penyusunan manual aplikasi SIPSB.
c)
Tahap Uji Coba Penerapan Aplikasi SIPSB
1.
Presentasi aplikasi SIPSB pada ujian sidang PKL.
2.
Konsultasi Laporan PKL yang telah disusun dan disesuaikan
dengan hasil ujian sidang
Tabel 3.3. Jadwal Kegiatan
Penyusunan Laporan PKL
No
|
Kegiatan
|
Minggu Ke -
|
||||||||
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
||
1.
|
Persiapan untuk kegiatan PKL
|
|||||||||
2.
|
Observasi Lingkungan dan
Perkenalan
|
|||||||||
3.
|
Pengajuan Masalah (Judul Laporan
PKL) kepada DPL
|
|||||||||
4.
|
Pengumpulan data
|
|||||||||
5
|
Perancangan
|
|||||||||
a.
Rancangan Alur Data (DFD, Kamus Data, Flow Chart)
|
||||||||||
b.
Rancangan Database (Tabel)
|
||||||||||
c.
Rancangan Desain Menu (ERD)
|
||||||||||
d. Rancangan Sistem/Program
|
||||||||||
6
|
Pembuatan
|
|||||||||
a. Pembuatan Database
|
||||||||||
b. Pembuatan Desain
|
||||||||||
c. Pembuatan Sistem/Program
|
||||||||||
7
|
Penyusunan Laporan
|
Minimal setiap minggu
melakukan konsultasi dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) baik itu program
aplikasi yang dibuat maupun penyusunan laporannya,
3.4.4. Rancangan
Basis Data
Rancangan
basis data merupakan garis besar
dari seluruh sistem
informasi pengolahan data
elektronik yang akan dilakukan. Dalam
membuat sebuah sistem informasi
yang berbasis database dibutuhkan rancangan basis data yang memadai karena data yang diolah dan disimpan tersebut,
sewaktu-waktu diperlukan kembali. Perancangan basis data mencakup penentuan
kunci utama dan kunci tamu untuk menghubungkan tabel satu dengan tabel lainnya.
Secara konseptual perancangan basis data terdiri dari
tiga langkah berikut :
a.
Penentuan
entitas pada basis data
b.
Pendefinisian
hubungan antar entitas
c. Penerjemahan hubungan antar entitas (http://ilmucomputer2.blogspot.com/.../ konsep-dasar-database-pengertian.html).
Rancangan basis data yang penulis susun membutuhkan 3
(tiga ) tabel yaitu :
a. Tabel Identitas Siswa Baru
Dalam
tabel identitas siswa baru terdapat 24 field yang menjadi bagian penting dalam
memuat identitas masing-masing siswa baru. Keduapuluh empat field tersebut
seperti pada tabel berikut:
Tabel 3.4. Identitas
Siswa Baru
No
|
Field Name
|
Data Type
|
Description
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
|
id
namalengkap
namapanggilan
ttlhr
tgllhr
sex
agama
kwn
anakke
status
jkandung
jtiri
alamat
telp
tinggal
jarak
goldarah
penyakit
tinggi
berat
asalsek
tglsttb
nosttb
hoby
|
Int(10)auto_increament
primary key
Varchar(50)
Varchar(10)
Varchar(20)
Date
Varchar(1)
Varchar(20))
Varchar(3)
Int(2)
Varchar(15)
Int(2)
Int(2)
Varchar(50)
Varchar(12)
Varchar(20)
Varchar(3)
Varchar(2)
Text
Int(3)
Int(3)
Varchar(50)
Date
Varchar(20)
Text
|
Nomor pendaftaran langsung diisi oleh sistem Nama lengkap
siswa baru
Nama
panggilan siswabaru
Tempat lahir
siswa baru
Tanggal lahir
siswa baru
Jenis kelamin
siswa baru
Agama yang
dianut siswa baru
Kewarganegaraan
yang dimiliki siswa baru
Urutan siswa
baru anak dalam keluarga
Status siswa
baru dalam keluarga
Jumlah
saudara kandung yang dimiliki siswa baru
Jumlah
saudara tiri/angkat yang dimiliki siswa baru
Alamat
lengkap siswa baru
Nomor telepon
siswa baru
Dengan siapa
siswa baru tinggal dirumah
Jarak tempat
tinggal siswa baru dengan sekolah
Golongan
darah siswabaru
Penyakit yang
pernah diderita siswa baru
Tinggi badan
siswa baru
Berat badan
siswa baru
Asal sekolah
siswa baru
Tanggal STTB
siswa baru
Nomor STTB
siswa baru
Hoby yang
dimiliki siswa baru
|
b.
Tabel
Identitas Orang Tua Siswa Baru
Dalam
tabel identitas orang tua siswa baru terdapat 19 field yang menjadi bagian
penting dalam memuat identitas orang tua masing-masing siswa baru. Kesembilan
belas field tersebut seperti pada tabel berikut:
Tabel 3.5. Identitas
Orang Tua Siswa Baru
No
|
Field Name
|
Data Type
|
Description
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
|
id
namaa
namai
ttlhra
ttlhri
tgllhra
tgllhri
agamaa
agamai
kwna
kwni
penda
pendi
peka
peki
gajia
gajii
alamatortu
telportu
|
Int(10)auto_increament primary key
Varchar(50)
Varchar(50)
Varchar(20)
Varchar(20)
Date
Date
Varchar(20)
Varchar(20)
Varchar(2)
Varchar(2)
Varchar(5)
Varchar(5)
Varchar(30)
Varchar(30)
Varchar(10)
Varchar(10)
Varchar(50)
Varchar(12)
|
Nomor
pendaftaran langsung diisi oleh sistem
Nama ayah
siswa baru
Nama ibu
siswa baru
Tempat lahir
ayah siswa baru
Tempat lahir
ibu siswa baru
Tanggal lahir
ayah siswa baru
Tanggal lahir
ibu siswa baru
Agama yang
dianut siswa baru
Agama yang
dianut siswa baru
Kewarganegaraan
yang dimiliki siswa baru
Kewarganegaraan
yang dimiliki siswa baru
Pendidikan
terakhir ayah dari siswa baru
Pendidikan
terakhir ayah dari siswa baru
Pekerjaan
ayah siswa baru Pekerjaan ayah siswa baru
Pendapatan
ayah dari siswa baru per bulan
Pendapatan
ayah dari siswa baru per bulan
Alamat
lengkap orang tua
Nomor telepon
orang tua
|
c.
Tabel
Prestasi Siswa Baru
Dalam
tabel prestasi siswa baru terdapat 11 field yang menjadi bagian penting dalam
memuat prestasi yang dimiliki siswa baru. Kesebelas field tersebut seperti pada
tabel berikut:
Tabel 3.6. Prestasi
Siswa Baru
No
|
Field Name
|
Data Type
|
Description
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
|
id
nilaiun
kelas
smt
peringkat
ket
mapel
juara
tingkat
tahun
juz
|
Int(10)auto_increament primary key
Varchar(50)
Varchar(50)
Varchar(50)
Varchar(50)
Text
Varchar(30)
Varchar(5)
Varchar(20)
Int(4)
Int(2)
|
Nomor
pendaftaran langsung diisi oleh sistem
Nilai UN
siswa baru
Peringkat
kelas yang diraih siswa baru pada kelas berapa
Siswa baru
berada pada semester berapa saat meraih peringkat kelas
Peringkat
kelas siswa baru
Keterangan
dari siswa baru mengenai peringkat kelas
Mata Pelajaran
yang diikuti siswa baru pada kegiatan Olimpiade
Juara yang
diraih siswa baru pada tiap olimpiade
Tingkat
kedudukan olimpiade yang diikuti siswa baru
Tahun siswa
baru meraih juara olimpiade atau pernah mengikuti olimpiade
Jumlah juz
dalam Al-Qur’an yang dihapal siswa baru
|
3.4.5.
ENTITY RELATIONSHIP DIAGRAM (ERD)
Entity
Relationship Diagram adalah permodelan data utama dan akan membantu
mengorganisasikan data dalam suatu proyek ke dalam entitas-entitas dan menentukan
hubungan entitas
a. Entitas
(Entity)
Entitas
adalah suatu yang nyata atau abstrak dimana kita akan menyimpan data. Contoh
entittas pegawai, entitas siswa, entitas guru dsb.
b. Relasi
(Relationship)
Relasi
adalah hubungan alamiah yang terajdi antara dua atau lebih entitas, misal
proses pembayaran pegawai. Kardinalitas menentukan kejadian suatu entitas untuk
suatu entitas pada suatu kejadian pada entitas yang berhubungan. Misal
mahasiswa mengambil banyak mata kuliah.
c. Atribut
(Atribute)
Atribut adalah ciri umum
semua atau sebagian besar instansi pada entitas tertentu. Sebutan lain atribut
adalah property, elemen data dan field. Misal namalengkap, alamat, no.psb dsb. (http://harsiti09.files.wordpress.com/2009/10/v-entity-relatinal-diagram.doc).
d. Komponen dan Simbol
Tabel 3.7. Komponen dan Simbol ERD
No
|
Komponen
|
Simbol
|
1.
|
Entity (entitas)
|
|
2.
|
Relationship
(keterhubungan)
|
|
3.
|
Atribut
|
e.
Metodologi ERD
Tabel 3.8. Metodologi ERD
1. Menentukan entitas
|
Menentukan peran, kejadian,
lokasi, hal nyata dan konsep dimana penggunaan untuk menyimpan data
|
2. Menentukan relasi
|
Menentukan hubungan antar pas
angan entitas menggunakan matriks relasi
|
3. Gambar ERD sementara
|
Entitas digambarkan dengan kotak,
dan relasi digambarkan dengan garis
|
4. Isi kardinalitas
|
Menentukan jumlah kejadian satu entitas untuk sebuah kejadian pada entitas
yang berhubungan
|
5. Tentukan kunci utama
|
Menentukan atribut yang mengidentifikasikan satu dan hanya satu kejadian
masing-masing entitas
|
6. Gambar ERD berdasarkan kunci
|
Menghilangkan relasi many to many
dan memasukkan primary dan kunci tamu pada masing-masing entitas
|
7. Menentukan atribut
|
Menentukan field -field yang
diperlukan system
|
8. Pemetaan atribut
|
Memasangkan atribut dengan entitas
yang sesuai
|
9. Gambar ERD dengan atribut
|
Mengatur ERD dari langkah 6 dengan
menambahkan entitas atau relasi
yang
ditemukan pada langkah 8
|
10. Periksa hasil
|
Apakah ERD sudah menggambarkan
system yang akan dibangun?
|
Berikut Entity Relationship Diagram (ERD) Sistem
Informasi Penerimaan Siswa Baru yang dibangun berbasis online :
Gambar 3.14. Entity Relationship Diagram
3.4.6. DATA FLOW DIAGRAM (DFD)
Diagram
yang menggambarkan suatu system yang telah ada atau system baru yang akan
dikembangkan, secara logika tanpa mempertimbangkan lingkungan fisik di mana
data tersebut mengalir (misalnya lewat telepon, surat dsb) atau lingkungan
fisik di mana data tersebut akan disimpan (misalnya file kartu, hard disk,
tape, disket dsb). http://mti.ugm.ac.id/~panji/.../DATA%20FLOW%20 DIAGRAM%201.doc
a.
Komponen
dan Simbol :
Tabel 3.9. Komponen dan symbol DFD
No
|
Komponen
|
Simbol
|
1.
|
External entity (kesatuan
luar)
|
|
2.
|
Data flow
(arus data)
|
|
3.
|
Process (proses)
|
|
4.
|
Data Store
(simpanan data)
|
b.
Tingkatan
(Levelisasi) dalam DFD :
1. Context Diagram
(diagram konteks)
2. Overview Diagram
(diagram level 0)
3. Primitive Diagram
(diagram primitif)
Berikut Data Flow Diagram (DFD) Sistem Informasi Penerimaan
Siswa Baru yang dibangun berbasis online :
Gambar
3.15. Diagram Konteks
Gambar 3.16. Diagram Nol DFD level 1
Gambar 3.17. Diagram Detail DFD level 2 proses 1 dan 2
Gambar 3.18. Diagram Detail DFD level 2 proses 3
3.4.7.
DIAGRAM ALIR (FLOWCHART)
Untuk
menggambarkan sebuah algoritma yang terstruktur dan mudah dipahami oleh orang
lain (khususnya programmer yang
bertugas mengimplementasikan program), maka dibutuhkan alat bantu yang
berbentuk Diagram Alir (Flowchart).
Diagram alir ini akan menunjukkan alur di dalam program secara logika. Diagram
alir ini selain dibutuhkan sebagai alat komunikasi, juga diperlukan sebagai
dokumentasi. Berikut aturan-aturan
dalam perancangan diagram alir tersebut, yaitu :
1. Diagram
alir digambarkan dengan orientasi dari atas ke bawah dan dari kiri ke kanan;
2. Setiap
kegiatan/proses dalam diagram alir harus dinyatakan secara eksplisit;
3. Setiap
diagram alir harus dimulai dari satu Start State dan berakhir pada satu atau
lebih Terminal Akhir/Terminator/Halt State;
4. Gunakan
Connector dan Off-Page Connector state dengan label yang sama untuk menunjukkan
keterhubungan antar path algoritma yang terputus/terpotong, misalnya sebagai
akibat pindah/ganti halaman.
Berikut
ini adalah simbol-simbol state yang digunakan untuk menggambarkan algoritma
dalam bentuk diagram alir. Sedangkan keterangan yang terdapat di bawah
masing-masing simbol adalah kegunaan dari simbol-simbol yang bersangkutan. (http://rinoan.staff.uns.ac.id/files/2009/01/ flowchart.doc)
Tabel 3.10 Simbol-Simbol FlowChart
Proses |
Proses alternatif |
Pencabangan (keputusan) |
Data |
||||||||||||
Predefined Proses |
Penyimpanan Internal |
Dokumen |
Multi Dokumen |
||||||||||||
Terminator (Start & Halt) |
Preparation (Inisialisasi) |
Input Manual |
Operasi Manual |
||||||||||||
Connector |
Off-Page Connector |
Kartu Penyimpanan Manual |
Punch-Tape |
||||||||||||
Summing Junction |
Or |
Collate |
Sort |
||||||||||||
Extract |
Merge |
Penyimpanan Data |
Delay |
||||||||||||
Sequential Access Storage |
Magnetic Disk |
Direct Access Storage |
Display |
3.5.PERANCANGAN
OUTPUT DATA
Perancangan
dilakukan untuk menggambarkan, merencanakan, dan membuat sketsa atau pengaturan
dari beberapa elemen yang terpisah ke dalam satu kesatuan yang utuh dan
berfungsi. Perancangan ini merupakan hasil transformasi dari analisa ke dalam
perancangan yang nantinya akan di implementasikan.
Hal
penting yang menjadi perhatian pada perancangan adalah bahwa rancangan yang
dibuat diharapkan dapat digunakan dengan mudah oleh semua user. Yang
dimaksud semua user adalah bahwa tidak hanya seorang ahli saja yang
dapat menggunakan aplikasi ini, namun orang awam pun dapat menggunakannya.
Selain itu beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain adalah kinerja
program yang baik dalam mengoperasikan aplikasi yang dibuat.
Oleh sebab itu, kegiatan
penerimaan siswa baru dilakukan secara online dan kegiatan administrasi lainnya
dapat yang dilakukan oleh seluruh siswa yang mendaftar di SMA
Negeri 1 Aikmel
Kabupaten Lombok Timur dengan mudah. memerlukan adanya backup file yang tidak perlu ditulis
ulang atau dihitung ulang dengan menggunakan media kertas karena dapat
mengurangi tingkat efisienitas pekerjaan. Dengan menggunakan program aplikasi
yang akan penulis rancang, pengolahan data yang dimulai dari proses entry
(pemasukan data), update (perubahan data), delete (penghapusan data), dan print
out (proses cetak arsip), dapat dilakukan secara mudah dengan fasilitas yang
menunjang. Database sebagai media lunak yang disediakan oleh operasi program aplikasi administrasi dapat digunakan
sebagai media penyimpanan yang bersifat semu sehingga sewaktu-waktu dapat
dilakukan proses administrasi secara langsung. Guna keamanan dalam integrasi
pengolahan data, dapat dilakukan inisialisasi pengguna yaitu dengan sistem
login password. Dengan adanya pembedaan login user maka beda pula hak untuk
mengakses data tersebut.
Pencetakan sebagai tanda bukti
administrasi dalam pendaftaran siswa baru yang dilakukan oleh setiap siswa yang
telah mendaftar dan sebagai bukti agar dapat melakukan pembayaran untuk
pendaftaran bagi siswa baru yang lulus administrasi. Pencetakan arsip sebagai
media untuk pelaporan yang dilakukan setiap akhir kegiatan Penerimaan Siswa
Baru yaitu awal tahun ajaran baru yang di cetak setelah seluruh kegiatan
selesai dilakukan dan sudah menempuh proses verifikasi ulang yang dilakukan
oleh user (operator) dan beberapa pihak terkait yang bertanggung jawab.
BAB IV
IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN
4.1. ANALISIS PEMILIHAN PERANGKAT LUNAK
Aplikasi
Penerimaan Siswa Baru yang dibuat ini untuk membantu sistem yang sudah ada.
Sistem yang digunakan sebelum adanya aplikasi ini masih kurang efisien karena formulir
pendaftaran diisi menggunakan tulisan tangan sehingga Panitia PSB harus
menginput ulang semua data siswa baru yang mendaftar ke komputer untuk
memudahkan dalam pengolahan data. Dalam hal ini Panitia PSB akan disibukkan
dengan penginputan ulang data siswa baru. maka setelah dianalisa dan aplikasi
ini dijalannya setidaknya dapat membantu meringankan tugas Panitia PSB karena
formulir pendaftaran dapat diisi secara online melalui website sekolah.
Yang
diperlukan hanyalah seperangkat komputer atau sebuah laptop dan terkoneksi
dengan jaringan sehingga data yang dimasukkan pendaftar kemudian akan tersimpan
pada database server dan ini memudahkan admin atau Panitia PSB yang berwenang
untuk mengolah data siswa baru yang ada pada database. Pada saat penginputan
data bisa terjadi kesalahan namun aplikasi ini memberikan pendaftar untuk
mengedit atau menghapus data yang diinput. Namun hanya untuk satu data karena
masing-masing data memiliki login yang bebeda beda sehingga dapat mengurangi
keadaan data tidak valid kecuali sistemnya rusak. Setiap data yang terkoneksi
dengan internet memiliki resiko tinggi terkena virus atau kesalahan data karena
databasenya diacak sehingga aplikasi ini harus benar-benar memiliki proteksi
yang tinggi.
4.2. SPESIFIKASI PERANGKAT KERAS
Agar aplikasi
ini dapat difungsikan dengan baik maka diperlukan beberapa hardware. Berikut
adalah hardware yang digunakan dalam perancangan aplikasi penerimaan siswa baru
diantaranya :
a) Seperangkat computer atau laptop yang terdiri
dari Harddisk 320 GB, RAM 2GB, Processor i3 2.13 GHz, Keyboard, mouse, monitor
atau LCD,
b) Link dan Jaringan Internet pada komputer
input menggunakan modem prolink (kartu CDMA flexi) atau hotspot
c) Jaringan Listrik, Baterai atau Accumulator
(Aki)
4.3. SPESIFIKASI PROGRAM (TAMPILAN RANCANGAN/PROGRAM)
Pembuatan aplikasi Sistem
Informasi Penerimaan Siswa Baru berbasis web menggunakan bahasa pemrograman
PHP, localserver Xampp, database mysql dan editor HTML Macromedia Dreamweaver
MX 2004 ini memudahkan user dalam penggunaannya. Berikut tampilan website SMA
Negeri 1 Aikmel khususnya pada menu penerimaan siswa baru.
a) Halaman Index
Halaman ini ditampilkan pada
saat melakukan panggilan terhadap domain atau alamat website yang dituju. Dalam
hal ini menggunakan website dengan alamat www.smansaaikmel.web.id. Hasil eksekusi halaman index.html sebagai menu utama website. Halaman
index.html berisi menu-menu pendukung website seperti profil sekolah, informasi
sekolah, rekap data, penerimaan siswa baru (PSB) dan menu-menu lain yang
semakin mempercantikan halaman index. Khususnya pada menu PSB terdapat pilihan
untuk mendaftar secara online dengan mengikuti aturan yang digunakan sekolah.
Tampilan halaman awal website sebagai berikut:
b) Tampilan formulir pendaftaran
Form input data berisikan
identitas siswa baru diantaranya nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat
yang harus diisi secara lengkap oleh pendaftar, tetapi ada beberapa input data
yang dapat dikosong bila pendaftar yaitu siswa baru yang mendaftar melalui
jalur test. Tombol simpan yang terletak dipaling bawah formulir pendaftaran
ditekan untuk menyimpan data pendaftar.
Selain itu from input data
berisikan tombol kembali untuk kembali ke form menu utama dan tombol keluar
untuk keluar dari program aplikasi.
c)
Tampilan Ubah dan Hapus Data
Halaman web ini berfungsi
untuk mengubah dan menghapus data yang diinput pendaftar. Halaman ini hanya
untuk mengubah dan menghapus data yang diinputkan sendiri, karena adanya login
kembali agar data yang ada tidak mudah diubah-ubah oleh pihak-pihak yang tidak
bertanggung jawab.menampilkan. Tombol ubah berfungsi mengubah data
masing-masing pendaftar tetapi tetap harus melakukan login. Sedangkan tombol lainnya
yaitu tombol Hapus yang berfungsi menghapus data yang dipilih dan melakukan
login juga agar data tersebut dapat dihapus.
d)
Tampilan Data Pendaftaran Siswa Baru
Halaman ini berfungsi untuk
melihat semua pendaftar yang mendaftar secara online. Halaman ini berisi data
lengkap masing-masing pendaftar. Dengan halaman ini pendaftar dapat melihat
secara langsung data yang diinputkan dalam bentuk tabel dan bila terjadi
kesalahan, Pendaftar juga dapat mengubah data yang terdapat kesalahan data.
Halaman ini tidak memiliki tombol-tombol untuk ditekan karena hanya untuk
menampilkan.
e)
Tampilan Laporan Penerimaan Siswa Baru
Halaman ini berfungsi untuk
melihat laporan penerimaan siswa baru baik yang lulus seleksi maupun tidak
lulus seleksi dan yang sebelumnya telah mendaftar dan mengikuti aturan-aturan
serta syarat-syarat yang dibutuhkan sekolah. Kemudahan dalam melakukan
pekerjaan yang berkaitan dengan kegiatan penerimaan siswa baru akan sangat
dibantu dengan adanya sistem informasi penerimaan siswa baru walaupun tidak
dapat dipungkiri kemanan merupakan kewajiban tertinggi untuk dapat menjaga
website dan lebih penting data-data siswa baru yang mendaftar. Untuk itu,
diperlukan sistem proteksi yag tinggi agar tidak terjadi kesalahan data atau
data tidak valid.
1)
Flowchart Input Identitas Siswa Baru
Pada flowchart ini digambarkan
bagaimana alur dari penginputan data identitas siswa baru. Selengkapnya berikut
alurnya :
Gambar 3.19. Flowchart Input Data Identitas Siswa Baru
BAB V
PENUTUP
5.1. Kesimpulan
Dengan selesainya penulisan Laporan PKL ini yang
mengangkat permasalahan Penerimaan Siswa Baru pada SMA Negeri 1 Aikmel dan
dengan alternatif pemecahannya yaitu dengan membangun sistem komputerisasi.
Pada bab ini penulis hanya menyimpulkan apa yang
telah dijelaskan dari bab-bab terdahulu. Namun demikian pada akhir penulisan
ini akan diuraikan secara garis-garis besarnya dari apa yang telah dibahas
mulai dari sistem berjalan sampai dengan sistem usulan, secara umum dapat
disimpulkan sebagai berikut :
1. Aplikasi
Penerimaan siswa baru berbasis online ini sebagai alternatif pemecahan suatu
masalah yang dihadapi sistem berjalan, dengan adanya program aplikasi ini
diharapkan dapat membantu dan merupakan salah satu alternatif pemecahan
masalah. Serta dengan program apikasi ini diharapkan pula dapat melakukan
penyimpanan data secara tertib, aman dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan,
selain itu dengan adanya program aplikasi ini dapat memberikan informasi yang
cepat serta dapat melakukan perbaikan atau pengeditan apabila dianggap hal
tersebut perlu dilakukan.
2. Program
aplikasi ini merupakan sebagian kecil dari teknologi yang dapat membantu calon
siswa baru dan orang tua calon siswa baru dalam mendaftarkan diri pada sekolah
yang diinginkan. Dan program aplikasi ini dapat menyajikan data calon siswa
baru, khususnya dalam hal penerimaan siswa baru serta data siswa baru yang dinayatakan
lulus seleksi.
3. Proses
pendaftaran siswa baru dan proses seleksi penerimaan siswa baru yang ada lebih
terkontrol dengan sistem aplikasi ini serta memudahkan saat pembuatan laporan.
5.2. Saran
Dengan
terselesaikannya penulisan Laporan ini dari tahap awal hingga akhir, maka
penulis ingin memberikan saran-saran untuk menunjang kemajuan sekolah sesuai
dengan kemampuan penulis dari apa yang telah dialami selama kegiatan Praktik
Kerja Lapangan ini sebagai berikut:
1. Dalam
era globalisasi ini media komputer sangat dibutuhkan untuk menunjang jalannya
sekolah dan dengan adanya website yang berisi Menu Penerimaan Siswa Baru
sebagai tempat untuk mengenalkan sekolah serta memudahkan calon siswa baru
untuk mendaftar pada sekolah yang
dimaksud, sehingga diharapkan dalam penyajian informasi dan penyimpanan data
digunakan system yang ada.
2. Aplikasi
ini dapat menyajikan informasi yang cepat dan akurat.
3. Dalam
pemasukan data calon siswa baru dibutuhkan ketelitian agar tidak terjadi
kesalahan. Untuk itu user sebagai penginput data harus memperhatikan formulir
pendaftaran yang diisi.
4. Back
Up data harus dilakukan dalam penggunaan komputer karena jika
terjadi kerusakan pada komputer
data-data yang ada akan tetap aman.
DAFTAR PUSTAKA
thx yaaa..
BalasHapussngat mmbntu..
tolong donk kak program nya juga di upload, buat jadi refrensi,,
BalasHapusGambarnya kok gk keliatan semua ?? kalau bisa tolong kirimin ke email saya, soalnya penting sekali buat revisi saya
BalasHapus