Selasa, 03 April 2012


LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN
APLIKASI PENERIMAAN SISWA BARU BERBASIS WEB
MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL
(STUDI KASUS PADA SMA NEGERI 1 AIKMEL)


 


Disusun oleh :
Nama : Siti Puspita Hidasakti Marzuki
NIM : 07.48.55.081



PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
STMIK SYAIKH ZAINUDDIN NW ANJANI
                                                              2011                                                             

LEMBAR PENGESAHAN
APLIKASI PENERIMAAN SISWA BARU BERBASIS WEB
MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL
(STUDI KASUS PADA SMA NEGERI 1 AIKMEL)

Laporan Praktik Kerja Lapangan ini telah disidangkan pada :
Hari/Tanggal : Jum’at, 27 Mei 2011
Tempat          : STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjani

Menyetujui/Mengesahkan :
               Anjani,
Ketua Program Studi,                                Dosen Pembimbing


Marwan Hakim, S.kom                          Romdhi Surimba, S.Kom
NIDN. 0831127705                               NIDN. 0804068502

Mengetahui
STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjani
Ketua,


Drs. H. M. Mugni Sn, SS., SH., M.Pd

HALAMAN PERNYATAAN
Dengan ini saya menyatakan bahwa Laporan Praktik Kerja Lapangan dengan Judul “Aplikasi Penerimaan Siswa Baru berbasis Web menggunakan PHP dan MySQL (Studi Kasus Pada SMA Negeri 1 Aikmel)” beserta seluruh isinya adalah benar-benar karya sendiri, dan saya tidak melakukan penjiplakan atau pengutipan dengan cara-cara yang tidak sesuai dengan etika keilmuan yang berlaku dalam masyarakat keilmuan. Atas pernyataan ini saya siap menanggung resiko/sanksi yang dijatuhkan kepada saya apabila kemudian ditemukan adanya pelanggaran terhadap etika keilmuan dalam karya saya ini, atau ada klaim dari pihak lain terhadapa keaslian karya saya ini.
 Anjani, 26 Maret 2011
 Yang membuat pernyataan

Siti Puspita Hidasakti Marzuki

                                                                                                       
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah, puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada penulis sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Tugas Akhir dengan judul “Aplikasi Penerimaan Siswa Baru berbasis Web menggunakan PHP dan MySQL (Studi Kasus Pada SMA Negeri 1 Aikmel)”, sebagai salah satu syarat lulus dalam menempuh mata kuliah Praktik Kerja Lapangan (PKL).
Perkenankan bersama ini penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak-pihak yang telah membantu penulis dalam penyelesaian Laporan Tugas Akhir ini antara lain :
1.    Bapak Drs. Mugni Sn., SS., SH., M.Pd, selaku Ketua STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjani yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk mengikuti kegiatan Praktik Kerja Lapangan dengan Lokasi SMA Negeri1 Aikmel ini.
2.    Bapak Marwan Hakim, S.Kom, selaku Ketua Program Studi Teknik Informatika STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjani yang telah memberikan dukungan dan bantuan kepada penilis dalam kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) dan Penyusunan Laporan Tugas Akhir ini.
3.    Bapak Romdhi Surimba, S.Kom, selaku Dosen Pembimbing Lapangan yang telah membimbing penulis dalam menyelesaikan Laporan Tugas Akhir Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini dengan baik.
4.    Bapak Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Aikmel, H. Budi Mulyana, M.Pd dan seluruh staf Tata Usaha yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini dengan baik.
5.    Bapak L. Wiranata Hidayatullah, S.Kom selaku pamong pada SMA Negeri 1 Aikmel yang juga telah membimbing dan membantu penyelesaian Laporan Tugas Akhir Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini dengan baik.
Akhirnya untuk kesempurnaan penyusunan Laporan Tugas Akhir ini, penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun guna pernyempurnaan dimasa yang akan datang dan semoga Laporan Tugas Akhir ini dapat bermamfaat bagi kita semua dan khususnya bagi penulis sendiri. Amien.
Suralaga, 26 Maret 2011
Siti Puspita Hidasakti Marzuki

DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ......................................................................              i
LEMBAR PENGESAHAN ...........................................................               ii
HALAMAN PERNYATAAN .......................................................              iii
KATA PENGANTAR ....................................................................              iv
DAFTAR ISI ..................................................................................               vi
DAFTAR TABEL ..........................................................................               viii
DAFTAR GAMBAR ......................................................................              ix
SURAT KETERANGAN ............................................................... 
BAB I PENDAHULUAN ...............................................................             1
1.1. Latar Belakang ...........................................................................             1
1.2. Alasan Pemilihan Judul .............................................................              2
1.3. Ruang Lingkup ..........................................................................             2
1.4. Tujuan dan Mamfaat  .................................................................             3
1.5. Sistematika Penulisan ................................................................             3
BAB II HASIL PELAKSANAAN PKL ..........................................                       5
2.1. Lokasi/Tempat PKL ...................................................................             5
2.2. Pengumpulan Data .....................................................................              9
2.3. Analisa Terhadap Sistem/Prosedur yang Berjalan .....................             9
2.4. Hasil Temuan/Permasalahan ......................................................             11
2.5. Kendala-Kendala yang dihadapi selama PKL ...........................             12
2.6. Solusi Pemecahan Masalah ........................................................             12
BAB III : USULAN SOLUSI PEMECAHAN MASALAH ...........                       13
3.1. Usulan Organisasi ......................................................................             13
3.2. Usulan Hardware/Software .......................................................             14
3.3. Usulan Tenaga Kerja……..........................................................              34
3.4. Usulan Sistem Baru ...................................................................             34
3.4.1. Gambaran Sistem Usulan  ......................................................              34
3.4.2. Sasaran/Informasi Sistem Usulan  ..........................................             36
3.4.3. Jadwal Pembuatan Sistem Usulan  .........................................             37
3.4.4. Rancangan Basis Data  ...........................................................             39
3.4.5. Entity Relationship Diagram (ERD).......................................              45
3.4.6. Data Flow Diagram (DFD).....................................................              48
3.4.7. Diagram Alir (Flowchart) ……….......................................             51
3.5. Perancangan Output Data ………..............................................             56
BAB IV IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN ......................             58
4.1. Analisis Pemilihan Perangkat Lunak ..........................................            58
4.2. Spesifikasi Perangkat Keras ......................................................              59
4.3. Spesifikasi Program (Tampilan Rancangan/Program)................              59
BAB V PENUTUP  ...........................................................................           66
5.1. Kesimpulan ..................................................................................           66
5.2. Saran ............................................................................................           67
DAFTAR PUSTAKA .......................................................................                        68
LAMPIRAN-LAMPIRAN
A.  DAFTAR HADIR PKL
B.  DAFTAR KEGIATAN PKL
C.  KARTU BIMBINGAN PKL
D.  LISTING PROGRAM


DAFTAR TABEL
  1. Menu File .............................................................................              26
  2. Dokumen Toolbar ................................................................              27
  3. Jadwal Kegiatan Penyusunan Laporan PKL ........................             38
  4. Identitas Siswa Baru .............................................................             40
  5. Identitas Orang Tua Siswa Baru ..........................................              42
  6. Prestasi Siswa Baru..............................................................               43
  7. Komponen dan Simbol ERD ................................................             46
  8. Metodologi ERD ..................................................................             46
  9. Komponen dan Simbol DFD ...............................................             48
  10. Simbol-Simbol Flowchart .....................................................            52
  11. Query Laporan Penerimaan Siswa Baru ............. ...................          57

DAFTAR GAMBAR
1.    Struktur Organisasi SMAN 1 Aikmel .....................................             7
2.    Ruang Kerja Macromedia Dreamweaver MX 2004 ................             22
3.    Tampilan Ruang Kerja ............................................................              23
4.    Tampilan Standard Bar ............................................................                        26
5.    Tampilan Dokumen Toolbar ...................................................              27
6.    Tampilan Insert Bar sebelum diganti ......................................              28
7.    Tampilan Insert Bar setelah diganti .........................................             28
8.    Tampilan Jendela Dokumen ....................................................             30
9.    Tampilan Panel Group terlepas ...............................................              31
10.     Tampilan Panel Group tersusun ............................................             32
11.     Tampilan Tag Inspector ........................................................             32
12.     Tampilan Tag Selector ..........................................................             33
13.     Property Inspector Text .........................................................                        33
14.     Property Inspector Image ......................................................                        33
15.     Entity Relationship Diagram (ERD) .....................................             47
16.     Diagram Konteks ..................................................................             49
17.     DFD level 1 ...........................................................................                        49
18.     DFD level 2 proses 1 dan 2 ...................................................                        50
19.     DFD level 2 proses 3 .............................................................                        50
20.     Flowchart Input Data ............................................................                        53
21.     Flowchart Edit Data ..............................................................                        54
22.     Flowchart Hapus Data ...........................................................                        55
23.     Laporan Penerimaan Siswa Baru ...........................................            57
24.     Gambar 4.1 Halaman index.html ..........................................             60
25.     Gambar 4.2 Tampilan Menu PSB pada halaman index.html              60
26.     Gambar 4.4 Tampilan halaman formulir pendaftaran ...........             61
27.     Gambar 4.5 Tampilan halaman simpan data berhasil ...........              62
28.     Gambar 4.6 Tampilan halaman ubah dan hapus data ...........             62
29.     Gambar 4.7 Tampilan halaman ubah data ............................              63
30.     Gambar 4.8 Tampilan halaman simpan perubahan data
berhasil ..................................................................................             63
31.     Gambar 4.9 Pemberitahuan hapus data ................................             63
32.     Gambar 4.10 Tampilan halaman hapus data berhasil ...........              64
33.     Gambar 4.10 Tampilan sub menu lihat data .........................             64
34.     Gambar 4.11 Tampilan Laporan PSB ...................................             65


BAB I
PENDAHULUAN
1.1.  LATAR BELAKANG
Penggunaan teknologi informasi dalam berbagai kegiatan dibidang pendidikan terkait dengan aspek kebutuhan yang secara langsung merupakan tantangan bagi pihak-pihak terkait untuk bisa menggunakan komputer. Sehingga beberapa pekerjaan yang awalnya dilakukan kurang efisien, dengan bantuan komputerisasi maka pengolahan data yang kurang efisien dapat menjadi semakin efisien.
Teknologi Informasi tersebut tidak lepas dari tiga unsur yang menjadi rangkaian yang sinergis, yaitu hardware (perangkat keras),  software (perankat lunak), brainware (manusia). Guna memberikan strategi bagaimana teknologi informasi dalam berbagai rangkaian sistem yang dapat difungsikan untuk membantu kinerja manusia secara efisien.
Kegiatan penerimaan siswa baru pada SMA Negeri 1 Aikmel tentu semakin menyibukkan Panitia Penerimaan Siswa Baru dalam hal penerimaan data siswa baru dan bisa saja data tersebut hilang karena masih dalam bentuk lembaran-lembaran. Selain itu siswa baru harus mendatangi sekolah untuk melakukan pendaftaran dan ini memakan biaya dan waktu yang lebih banyak dan ini dapat mengurangi keinginan siswa baru untuk mendaftar sendiri. Permasalahan-persalahan diatas ini membuat penulis berupaya membangun aplikasi penerimaan siswa baru yang bersifat online ini.
1.2.  ALASAN PEMILIHAN JUDUL
Penyusunan Laporan Praktik Kerja Lapangan dengan Judul ”Aplikasi Penerimaan Siswa Baru berbasis Web menggunakan PHP dan MySQL (Studi Kasus Pada SMA Negeri 1 Aikmel)”, penulis beralasan bahwa SMA Negeri 1 Aikmel telah memiliki website namun belum adanya Menu Penerimaan Siswa Baru secara online. Saat ini pihak sekolah masih menggunakan sistem pendaftaran biasa yaitu siswa baru harus mendatangi sekolah mengisi formulir pendaftaran dan menyerahkan uang pendaftaran. Sistem ini masih dianggap kurang efisien sehingga dibangunlah Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru secara online. Dengan adanya Sistem informasi Penerimaan Siswa Baru berbasis online ini, maka siswa baru dapat mendaftar tanpa harus ke sekolah. Namun penggunaan aplikasi ini tergantung pihak sekolah karena masih belum populernya Sistem Penerimaan siswa baru berbasis online di Kabupaten Lombok Timur ini. Sedangkan sekolah-sekolah dikota besar seperti Jakarta dan Surabaya hanya menggunakan pendaftaran secara online, bahkan SMA 1 Mataram pun telah menggunakan aplikasi ini.
1.3.  RUANG LINGKUP
Laporan Praktik Kerja Lapangan ini berisi tentang penerimaan siswa baru berbasis online dengan sub menu antara lain Informasi Penerimaan Siswa Baru, Pendaftaran Siswa Baru, Ubah Lihat dan Hapus Data Siswa Baru dan Laporan Penerimaan Siswa Baru tiap tahun ajaran baru. Menu Penerimaan Siswa Baru ini diletakkan pada website SMA Negeri 1 Aikmel yaitu www.sman1aikmel.sch.id dengan beberapa menu lain yang mendukung seperti Menu Profil Sekolah.
1.4. TUJUAN  DAN MANFAAT
1.4.1. Tujuan
-       Untuk menganalisa sistem yang digunakan pada SMA Negeri 1 Aikmel dalam kegiatan Penerimaan Siswa Baru
-       Untuk mempermudah para siswa baru dalam melakukan proses pendaftaran di SMA Negeri 1 Aikmel karena dapat dilakukan secara online
1.4.2. Manfaat
-       Memperoleh usulan sistem informasi yang diperlukan untuk meningkatkan mutu pelayanan administrasi khususnya pada kegiatan Penerimaan Siswa Baru
-       Sebagai penerapan langsung teknologi informasi guna menghadapi era globalisasi
-       Efisiensi kinerja dengan memanfaatkan teknologi berbasis komputer yang mampu mambantu kinerja manusia didalamnya
-       User friendly proses yang mudah dengan mengindahkan estetika penggunaan / pengoperasian program.
1.5    SISTEMATIKA PENULISAN
BAB I    : Pendahuluan
Berisi tentang latar belakang, alasan pemilihan judul, ruang lingkup, tujuan dan manfaat dan sistematika penulisan.
BAB II  : Hasil Pelaksanaan PKL
Berisi tentang metode-metode dalam pelaksanaan kegiatan yang meliputi lokasi penelitian, penelitian dan cara pengambilan data, langkah perancangan dan analisis data. Bab ini menjelaskan tentang teori-teori yang mendukung dan digunakan sebagai dasar dalam memecahkan masalah, teori-teori tersebut diambil dari literatur yang sesuai dengan permasalahan yang dihadapi.
BAB III : Usulan Solusi Pemecahan Masalah
Berisikan analisis rancangan dari permasalahan-permasalahan yang muncul dan output yang dihasilkan
BAB IV : Implementasi dan Pembahasan
Akan menjelaskan tentang kebutuhan software dan hardware yang digunakan, tampilan dari aplikasi dan pembahasan.
BAB V  : Penutup
Bab terakhir membahas tentang kesimpulan dan saran yang merupakan hasil dari penelitian yang telah dilakukan

BAB II
HASIL PELAKSANAAN PKL
2.1.  LOKASI/TEMPAT PKL
SMA Negeri 1 Aikmel yang beralamat di Jalan Pendidikan No. 35 Aikmel ini merupakan salah satu Sekolah Negeri yang favorit di Kabupaten Lombok Timur. SMA Negeri 1 Aikmel berada pada lokasi yang strategis yaitu jalan raya utama yang menghubungkan Mataram dengan Labuhan Lombok. SMA Negeri 1 Aikmel memiliki luas 25485 m2 berupa bangunan, halaman dan kebun sekolah. Adapun batas wilayah SMA Negeri 1 Aikmel sebagai berikut:
-       Sebelah Utara    : Jalan Raya Aikmel
-       Sebelah Selatan             : Perumahan Masyarakat
-       Sebelah Barat    : Jalan Raya Aikmel
-       Sebelah Timur    : Persawahan Penduduk
SMA Negeri 1 Aikmel diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Prof. DR. Fuad Hassan pada tanggal 20 November 1985.
SMA Negeri 1 Aikmel memiliki guru tetap dan guru tidak tetap yang berjumlah 44 orang, sedangkan pegawai tetap dan pegawai tidak tetap berjumlah 16 orang. Sarana dan prasarana yang dimiliki SMA Negeri1 Aikmel sudah mencukupi untuk kegiatan belajar mengajar seperti ruang belajar yang berjumlah 20 ruang, ruang laboratorium 2 ruang dan ruang kegiatan lainnya yang semuanya berjumlah 40 ruang. Selain itu peralatan yang memiliki SMA Negeri 1 Aikmel sangat menunjang ilmu pengetahuan dan teknologi seperti computer, laptop, LCD dan lainnya, sehingga kemampuan yang dimiliki para siswa semakin meningkat.
Kemampuan guru-guru dan pegawai di lingkungan SMA Negeri 1 Aikmel dalam menggunakan computer dapat dinilai cukup baik karena pihak sekolah sering mengadakan workshop teknologi informatika dan computer dilingkungannya sendiri maupun mengadakan kerjasama dengan pihak lain. Bahkan kepala sekolah SMA Negeri 1 Aikmel pernah menjadi guru TIK dan fasilitator TI tingkat Nasional. Diruang Tata Usaha terdapat 3 komputer dan 2 laptop sebagai penunjang kegiatan serta wakil kepala sekolah telah memiliki laptop yg digunakan untuk menujang kegiatannya pula. Guru-guru pun menggunakan laptop dalam memberikan materi pelajaran kepada para siswa.
SMA Negeri 1 Aikmel juga telah memiliki jaringan internet dan dijadikan sebagai pusat informasi diwilayah Aikmel sehingga warga SMA Negeri 1 Aikmel dan sekitarnya masuk dalam area hotspot tetapi hanya untuk orang-orang tertentu yang dapat menggunakannya karena jaringan internetnya menggunakan password. Laboratorium computer juga menggunakan jaringan internet.
Kemampuan yang dimiliki SMA Negeri 1 Aikmel ini tentu memudahkan pihak sekolah mengadakan Penerimaan Siswa Baru berbasis web ini.
Adapun Struktur Organisasi Sekolah sebagai berikut :
 2.2.  PENGUMPULAN DATA
a.    Interview
Dalam pencarian data di sekolah, melakukan tanya jawab langsung dengan pihak yang berkaitan dengan objek penelitian. Dalam hal ini dengan Panitia Penerimaan Siswa baru
b.   Dokumentasi
Mendapatkan dokumen-dokumen berupa data siswa baru tahun ajaran 2010/2011 yang ada dalam SMA Negeri 1 Aikmel Kabupaten Lombok Timur, yang digunakan untuk diolah sebagai objek perancangan sistem aplikasi. Dalam metode ini digunakan landasan teori dari beberapa buku dan referensi yang berhubungan dengan topik yang akan dibahas. Selain beberapa buku sebagai sumber pustaka didapatkan juga dari situs-situs.
2.3.  ANALISA TERHADAP SISTEM/PROSEDUR YANG BERJALAN
Suatu prosedur atau tahap-tahap yang dilakukan sebelum memulai suatu kegiatan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan disebut prosedur sistem. Sesuai dengan ruang lingkup yang dibahas dalam penyusunan Laporan Praktek Kerja Lapangan ini, maka prosedur sistem berjalan yang diambil dari Penerimaan Siswa Baru pada SMA Negeri 1 Aikmel yang selama ini telah melewati beberapa proses sebagai berikut :
a.    Proses Pendaftaran Siswa Baru
Proses Pendaftaran Siswa Baru terbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah proses pengisian formulir pendaftaran siswa baru yang diberikan panitia sesuai dengan jalur masuk yang dipilih. Bagian kedua adalah menyerahkan berkas-berkas sebagai syarat pendaftaran bersama formulir pendaftaran yang telah diisi calon siswa baru menurut jalur masuk yang dipilih. Waktu pendaftaran sesuai dengan batas waktu yang di tentukan. Bagi calon siswa baru yang mendaftar melalui jalur test akan diberikan kartu ujian seleksi penerimaan siswa baru sebagi bukti dapat mengikuti ujian tertulis yang waktunya telah ditentukan. Sedangkan siswa baru yang melalui jalur prestasi dan tahfiz Al-Quran yang telah dinyatakan lulus seleksi hanya tinggal mendaftar ulang saja. Jalur masuk SMA Negeri 1 Aikmel terdiri 3 jalur yaitu:
1.    Jalur Test dengan menyerahkan SKHUN atau Surat Keterangan Lulus
2.    Jalur Prestasi dengan menunjukkan Nilai Raport dan SKHUN serta nilai UN
3.    Jalur Tahfiz Al-Qur’an yaitu menghapal Al-Qur’an minimal 1 juz
b.    Proses Seleksi Siswa Baru
Setelah semua formulir pendaftaran siswa baru diisi dan berkas-berkas pendaftaran diterima oleh Panitia Penerimaan Siswa Baru maka proses selanjutnya diadakan seleksi ujian tertulis kepada calon siswa baru yang masuk mendaftar melalui jalur test. Panitia penerimaan mahasiswa baru akan mengeluarkan List atau Daftar Calon siswa baru yang akan di seleksi sesuai dengan kartu peserta ujian test tertulis yang telah diberikan. Dengan membawa peserta ujian tersebut calon siswa baru akan diberikan lembar soal dengan waktu dan lokasi ujian yang telah ditentukan pula oleh panitia penerimaan siswa baru. Kemudian pada hari berikutnya panitia penerimaan siswa baru akan mengeluarkan pengumuman hasil ujian test tertulis.
c.    Proses Penerimaan Siswa Baru
Calon Siswa Baru yang  telah menerima pengumuman dan telah dinyatakan lulus ujian seleksi penerimaan siswa baru, lulus secara akan melakukan pendaftaran ulang, begitu juga dengan calon siswa baru yang lulus melalui jalur prestasi dan Tahfiz AlQur’an. Biaya Pendaftaran ulang bagi siswa baru ditentukan oleh sekolah dan harus dibayar lunas. Panitia Penerimaan Siswa Baru akan merekap data siswa baru untuk diarsipkan dan dilaporkan ke Kepala Sekolah
d.   Proses Laporan Hasil Penerimaan Siswa Baru
Semua kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi pengisian formulir pendaftaran siswa, menyerahkan berkas-berkas sebagai syarat pendaftaran, menyerahkan uang pendaftaran  dan seleksi penerimaan siswa baru sampai disusunnya daftar siswa baru yang terima SMA Negeri 1 Aikmel untuk dilaporkan kepada Kepala Sekolah
2.4.  HASIL TEMUAN / PERMASALAHAN
Masih belum menggunakan program aplikasi yang memudahkan Panitia Penerimaan Siswa Baru, walaupun dalam pengolahan datanya sudah menggunakan komputer namun belum efisiennya sistem yang digunakan, sehingga banyak terjadi kekurangan disana-sini. Masalah yang dihadapi seperti :
a.    Masih sering terjadi kesalahan dalam penyusunan laporan penerimaan siswa  baru
b.    Calon siswa baru atau orang tua siswa baru harus mendatangi sekolah untuk melakukan pendaftaran baik itu pengambilan formulir, pengisian formulir, penyerahan formulir yang sudah diisi, penyerahan berkas-berkas sebagai syarat pendaftaran  dan kegiatan lainnya
c.    Lamanya waktu Panitia penerimaan siswa baru dalam proses pemasukan data calon siswa baru dari lembar formulir pendaftaran ke komputer
2.5.  KENDALA-KENDALA YANG DIHADAPI SELAMA PKL
a.    Kurangnya data penerimaan siswa baru yang digunakan sebagai contoh input data dalam aplikasi penerimaaan siwa baru berbasis online yang akan dirancang.
b.    Beberapa panitia penerimaan siswa baru tahun ajaran 2010/2011 telah pindah ke sekolah lain sehingga berkurangnya narasumber yang dibutuhnya.
2.6.  SOLUSI PEMECAHAN MASALAH
a.    Menggunakan sistem aplikasi yang berbasis online pada penerimaan siswa baru,karena hal ini sangat dibutuhkan dalam kegiatan pengisian formulir pendaftaran  hingga penyusunan laporan penerimaan siswa baru.
b.    Untuk memperlancar penyelesaian pekerjaan Panitia Penerimaan Siswa Baru dalam mengolah data calon siswa baru yang berbasis computer
c.    Untuk memudahkan calon siswa baru dan orang tua calon siswa baru dalam melakukan pendaftaran melalui website sekolah
 
BAB III
USULAN SOLUSI PEMECAHAN MASALAH
3.1. USULAN ORGANISASI
Informasi adalah data yang berguna yang selanjutnya diolah sehingga dapat dijadikan dasar untuk mengambil keputusan yang tepat. Sistem informasi adalah sekumpulan sumber daya yang diatur untuk mengubah data menjadi informasi. Efisiensi kegiatan Penerimaan Siswa baru dapat ditingkatkan dengan sistem informasi yang baik.
Masalah yang dihadapi beberapa sekolah termasuk SMA Negeri 1 Aikmel saat ini adalah belum adanya Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru berbasis online padahal bila dilihat pada website sekolah www.sman1aikmel.sch.id terdapat menu Penerimaan Siswa Baru tetapi tidak ada isinya. Pada saat ini Penerimaan Siswa Baru berbasis online belum diketahui oleh semua calon siswa baru tetapi semakin berkembangnya zaman, tidak menutup kemungkinan beberapa tahun kedepan, SMA Negeri 1 Aikmel tidak lagi menggunakan cara biasa dengan mendaftar langsung ke sekolah namun siswa baru harus mendaftar melalui website yang sekolah. Mau tidak mau semua komponen brainware yang berhubungan dengan kegiatan Penerimaan Siswa Baru berbasis online harus memiliki kemampuan dan Sistem Informasi yang ada harus lebih diperketat pengamanannya karena ada kemungkinan terjadinya penyalahgunaan oleh orang-orang yang ingin menghancurkan system atau kegiatan apapun yang dapat mengganggu kegiatan penerimaan siswa baru berbasis online ini. Melalui Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru ini juga dapat memberikan informasi yang cepat dan akurat kepada siswa baru yang telah mendaftar.
3.2. USULAN HARDWARE/SOFTWARE
Perangkat lunak merupakan sistem modul yang berfungsi untuk memasukkan, menyimpan, menghapus dan menampilkan data yang diperlukan. Data hasil pengisian formulir pendaftaran siswa baru berbasis online telah menjadi satu dengan data penerimaan siswa baru. Data siswa baru tersebut dimasukkan ke komputer melalui unit masukan untuk disimpan dalam database. Bila diperlukan data yang telah disimpan tersebut dapat ditampilkan melalui layar monitor atau dicetak untuk bahan laporan (dalam bentuk lembaran). Data ini juga dapat diubah agar data yang dimasukkan benar dan sesuai dengan identitas siswa baru.
Software yang digunakan penulis untuk membuat Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru di SMA Negeri 1 Aikmel ini sebagai berikut:
a)   XAMPP
XAMPP merupakan salah satu paket instalasi Apache, PHP dan MySQL instant yang dapat digunakan untuk membantu proses instalasi ketiga produk tersebut. Selain itu, XAMPP bersifat freeware atau gratis untuk digunakan. XAMPP merupakan pengembangan dari LAMP (Linux Apache, MySQL, PHP and PERL), XAMPP ini merupakan project nonprofit yang di kembangkan oleh Apache Friends yang didirikan Kai 'Oswalad' Seidler dan Kay Vogelgesang pada tahun 2002, project mereka ini bertujuan mempromosikan pengunaan Apache web server. (http://tobby.synthasite.com/resources/XAMPP.doc).
ApacheFriends XAMPP (basic package) version 1.5.4 :
(1)      Apache 2.2.3
(2)      MySQL 5.0.24a
(3)      PHP 5.1.6 + PHP 4.4.4 + PEAR
(4)      PHP-Switch win32 1.0
(5)      XAMPP Control Version 2.3 from www.nat32.com  
(6)      XAMPP Security 1.0   
(7)      SQLite 2.8.15
(8)      OpenSSL 0.9.8c
(9)      phpMyAdmin 2.8.2.4
(10)  ADOdb 4.91
(11)  Mercury Mail Transport System v4.01b
(12)  FileZilla FTP Server 0.9.18
(13)  Webalizer 2.01-10
(14)  Zend Optimizer 3.0.1
(15)  eAccelerator0.9.5 RC1 für PHP 5.1.6
Minimal system yang dapat digunakan untuk menginstall Xampp :
(1)      64 MB RAM (recommended)
(2)      200 MB free Fixed Disk
(3)      Windows 98, ME
(4)      Windows NT, 2000, XP (Recommended)

b)   PHP
PHP pertama kali dibuat dan diperkenalkan oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. PHP merupakan akronim dari Personal Home Page. Generasi awal PHP digunakan untuk kebutuhan pribadi saja, namun karena kebutuhan penggunaan yang semakin kompleks maka dikembangkan PHP yang dilengkapi beberapa fungsi untuk pengaksesan ke dalam database dengan tujuan membangun halaman web menjadi lebih dinamis. PHP adalah bahasa interpreter yang diintegrasikan kedalam Web Server seperti Apache untuk menghasilkan aplikasi yang dapat dijalankan dalam internet maupun intranet. (http://diyanfebri.student.umm.ac.id/ files/2010/02/Pengantar-PHP1.doc).
Sebagai bahasa program berbasis web, PHP mempunyai lebih banyak kelebihan dibandingkan bahasa sejenis lainnya. PHP adalah produk open source yang tentu saja dapat didistribusikan secara gratis tanpa dikenai dibiaya. Beberapa hal yang menonjol dari PHP dibandingkan bahasa program yang lain seperti ASP, antara lain :
(1)      Mempunyai fleksibilitas tinggi karena menggunakan bahasa C yang merupakan High Level Programming Language.
(2)      Berjalan di banyak platform seperti UNIX, Linux, Mac OS dan Windows 95/98/2000.
(3)      Mempunyai fungsi akses ke database seperti MySQL, Oracle, PostgreSQL, dan lain-lain.
(4)      Mempunyai banyak fungsi “built-in”.
(5)      Relatif lebih secure terhadap serangan virus atau worm. (http://pn-malang.go.id/upload.../TUTORIAL%20PHP%20&%20MYSQL.doc).
c)    APACHE
Apache adalah software web server yang paling populer karena memiliki fasilitas-fasilitas yang cukup lengkap dan dapat kita gunakan bersama PHP. Fasilitas atau ciri khas dari web server apache adalah :
(1)      Dapat dijadikan pengganti bagi NCSA web server
(2)      Apache web server dalam merespon client jauh lebih cepat dari server NCSA
(3)      Mampu dikompilasi sesuai dengan spesifikasi HTTP yang sekarang
(4)      Apache menyediakan feature untuk multihomed dan virtual server.
(5)      Dapat menetapkan respon error yang akan dikirim web server dengan menggunakan file atau skrip.
(6)      Web Server apache memiliki level-level pengamanan.
(7)      Performansi dan konsumsi sumber dayanya tidak terlalu banyak, hanya sekitar 20Mb untuk file-file dasarnya dan setiap daemon-nya hanya memerlukan sekitar 950KB memory per child.
(8)      Mendukung secure transaction menggunakan SSL (Secure Socket Layer).
d)   MySQL
MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data relasional SQL (database management system) atau DBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis dibawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus dimana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL.
MySQL dimiliki dan disponsori oleh sebuah perusahaan komersial Swedia MySQL AB, dimana memegang hak cipta hampir atas semua kode sumbernya. Kedua orang Swedia dan satu orang Finlandia yang mendirikan MySQL AB adalah: David Axmark, Allan Larsson, dan Michael "Monty" Widenius. MySQL sebenarnya merupakan turunan salah satu konsep utama dalam basisdata yang telah ada sebelumnya; SQL (Structured Query Language). SQL adalah sebuah konsep pengoperasian basisdata, terutama untuk pemilihan atau seleksi dan pemasukan data, yang memungkinkan pengoperasian data dikerjakan dengan mudah secara otomatis. MySQL mendukung operasi basisdata transaksional maupun operasi basisdata non-transaksional. (http://presentsirait.files.wordpress. com/2009/01/panduan-mysql.doc).
MySQL memiliki beberapa keistimewaan, antara lain :
(1)      Portabilitas. MySQL dapat berjalan stabil pada berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, FreeBSD, Mac Os X Server, Solaris, Amiga, dan masih banyak lagi.
(2)      Perangkat lunak sumber terbuka. MySQL didistribusikan sebagai perangkat lunak sumber terbuka, dibawah lisensi GPL sehingga dapat digunakan secara gratis.
(3)      Multi-user. MySQL dapat digunakan oleh beberapa pengguna dalam waktu yang bersamaan tanpa mengalami masalah atau konflik.
(4)      'Performance tuning', MySQL memiliki kecepatan yang menakjubkan dalam menangani query sederhana, dengan kata lain dapat memproses lebih banyak SQL per satuan waktu.
(5)      Ragam tipe data. MySQL memiliki ragam tipe data yang sangat kaya, seperti signed / unsigned integer, float, double, char, text, date, timestamp, dan lain-lain.
(6)      Perintah dan Fungsi. MySQL memiliki operator dan fungsi secara penuh yang mendukung perintah Select dan Where dalam perintah (query).
(7)      Keamanan. MySQL memiliki beberapa lapisan keamanan seperti level subnetmask, nama host, dan izin akses user dengan sistem perizinan yang mendetail serta sandi terenkripsi.
(8)      Skalabilitas dan Pembatasan. MySQL mampu menangani basis data dalam skala besar, dengan jumlah rekaman (records) lebih dari 50 juta dan 60 ribu tabel serta 5 milyar baris. Selain itu batas indeks yang dapat ditampung mencapai 32 indeks pada tiap tabelnya.
(9)      Konektivitas. MySQL dapat melakukan koneksi dengan klien menggunakan protokol TCP/IP, Unix soket (UNIX), atau Named Pipes (NT).
(10)  Lokalisasi. MySQL dapat mendeteksi pesan kesalahan pada klien dengan menggunakan lebih dari dua puluh bahasa. Meski pun demikian, bahasa Indonesia belum termasuk di dalamnya.
(11)  Antar Muka. MySQL memiliki antar muka (interface) terhadap berbagai aplikasi dan bahasa pemrograman dengan menggunakan fungsi API (Application Programming Interface).
(12)  Klien dan Peralatan. MySQL dilengkapi dengan berbagai peralatan (tool)yang dapat digunakan untuk administrasi basis data, dan pada setiap peralatan yang ada disertakan petunjuk online.
(13)  Struktur tabel. MySQL memiliki struktur tabel yang lebih fleksibel dalam menangani ALTER TABLE, dibandingkan basis data lainnya semacam PostgreSQL ataupun Oracle.
e)    HTML
Hypertext Markup Language (HTML) adalah format standard yang digunakan untuk membuat halaman web. HTML merupakan pengembangan dari standar pemformatan dokumen teks yaitu SGML (Standard Generalized Markup Language). Selain HTML, subset lain dari SGML antara lain XML (eXtensible Markup Language), SMIL (Synchronized Multimedia Integration Language), dan MathML (Mathematical Markup Language). Versi terakhir HTML saat ini adalah HTML 4.01. HTML sebenarnya adalah dokumen ASCII atau teks biasa, yang dirancang untuk tidak tergantung pada suatu sistem operasi tertentu. (http://warjana.files.wordpress.com/2008/10/instalasi-web-server.doc).
HTML dibuat oleh Tim Berners-Lee ketika masih bekerja untuk CERN dan dipopulerkan pertama kali oleh browser Mosaic. HTML versi terbaru adalah HTML 4.01 yang dikeluarkan secara resmi oleh W3C pada tanggal 24 April 1998. HTML merupakan perbaikan dari HTML 4.0 yang lebih dulu diterbitkan. (18 Desember 1997).
File HTML berupa file teks yang terdiri dari 2 bagian: content  (isi), yaitu berupa teks yang akan ditampilkan oleh browser dan markup atau tags yang menjelaskan bagaimana teks tersebut diinterpretasi oleh browser. (http://xa.yimg.com/kq/groups/23178201/235455022/name/Sejarah+HTML.doc).
Mendesain HTML dapat dilakukan dengan dua cara:
1.    Menggunakan HTML Editor, seperti Microsoft FrontPage, Adobe Dreamweaver, dan lain-lain. Dapatkan editor HTML lainnya disini.
2.    Dengan cara menuliskan sendiri secara manual satu persatu tag-tag HTML ke dalam dokumen HTML. (http://berkas.sytes.net/.../Modul%20Teori%20-%20Modul%20Apache-html-php.doc).
f)    MACROMEDIA DREAMWEAVER MX 2004
Dreamweaver merupakan program profesional editor HTML visual yang digunakan untuk mengelola situs dan menata layout halaman web. Saat ini versi terbaru dari Dreamweaver yang dikeluarkan oleh Macromedia adalah Dreamweaver MX 2004. pada versi ini, tampilannya mengalami perubahan yang kaya akan warna dan area kerjanya menjadi lebih ringkas dan efisien. Hal ini dapat dilihat dengan peletakan tombol-tombol dan panel-panel yang dapat minimize (disembunyikan) untuk menghemat area kerja. (http://bestfuture. files.wordpress.com/2009/10/dreamweaver.doc)
Disamping itu, masih banyak terdapat penambahan fasilitas-fasilitas lainnya yang membuat Dreamweaver MX lebih  powerfull, seperti kemampuan menangani penyuntingan kode dengan lebih baik, menangani dokumen-dokumen baru seperti XHTML, kemampuan validasi dan debug di  browser, panel  snippets  yang berfungsi untuk menyunting dan menyimpan blok kode yang sering digunakan, serta fasilitas penanganan berbagai database (Mutmainah, 2006:2).
(1) Ruang Kerja
Ketika Anda memulai Dreamweaver tanpa membuka sebuah dokumen, makan akan tampil halaman awal Dreamweaver pada lembar kerja. Halaman awal akan memudahkan pengguna dalam mengakses tutorial, memilih file yang pernah dibuka, membuat halama baru, membuat halaman dari contoh dan Dreamweaver Exchange, dimana anda dapat menambahkan kemampuan baru dari beberapa tampilan Dreamweaver.
Gambar 3.1. Ruang Kerja Macromedia Dreamweaver MX 2004
Ruang kerja pada Dreamweaver MX 2004 memiliki komponen komponen yang memberikan fasilitas dan ruang untuk menuangkan kreasi anda dalam bekerja, seperti dalam gambar dibawah ini. Komponen-komponen yang disediakan oleh ruang kerja Dreamweaver  MX 2004 antara lain adalah insert bar, Document toolbar, Document window, Kelompok panel, tag selector, Property inspector dan Site panel.
Gambar 3.2. Tampilan Ruang Kerja
1.    Document window : berfungsi untuk menampilkan dokumen diman anda sekarang bekerja
2.    Insert Bar : mengandung tombol-tombol untuk menyisipkan berbagai macam objek seperti image, tabel dan layer ke dalam dokumen.
3.    Document toolbar : berisi tombol-tombol dan menu pop-up yang menyediakan tampilan berbeda dari Document window.
4.    Files panel : memperlihatkan group file berdasrkan site yang sedang dikerjakan.
5.    Tag Selector : berfungsi menampilkan hirarki tag di sekitar pilihan yang aktif pada desin view.
6.    Property Inspector : digunakan untuk melihat dan mengubah berbagai properti objek dan teks
7.    Site panel : digunakan untuk mengatur file dan folder yang membentuk situs web anda.
(2) Menu Utama
Sistem menu yang terdapat dalam Dreamweaver sangatlah sederhana dan mudah untuk dipahami karena perintah yang terdapat pada hamper sebagian besar fungsi menu terdapat juga dalam panel. Anda tidak akan menghabiskan waktu dengan perintah yang terdapat pada menu tetapi akan lebih banyak bekerja dengan panel. Di dalam sistem menu Dreamweaver terdapat beberapa komponen yang dapat digunakan, yakni :
    1.     Menu file dan Menu edit : Berisi item menu standar untuk menu file dan menu Edit seperti New, Open, Save, Save all, Cut, Copy, Paste, Undo dan Redo. Menu file terdiri dari beberapa macam perintah untuk menampilkan atau membuat dokumen baru, seperti Preview in browser dan Print code. Menu edit berisi perintah untuk pemilihan, seperti Select parent tag dan Find dan Replace.
    2.     Menu View : Berisi perintah untuk menampilkan beberapa macam tampilan dari dokumen anda (seperti tampilam design view dan tampilan code) dan untuk menampilkan dan menyembunyikan beberapa elemen halaman dan tombol Dreamweaver dan toolbar.
    3.     Menu Insert : Berisikan alternatif baris Insert untuk menyisipkan obyek dalam dokumen.
    4.     Menu Modify : Berfungsi untuk melakukan perubahan properti item atau halaman terpilih. Dengan menggunakan menu ini anda dapat mengedit atribut tag, mengganti tabel dan elemen tabel dan bermacam bentuk aksi untuk item librari dan template.
    5.     Menu Text: Berfungsi untuk mempermudah dalam melakukan format teks
    6.     Menu Command : Berisi akses ke beberapa perintah, format kode yang sesuai dengan format pilihan anda. Membuat photo album, dan melakukan pengeditan gambar.
    7.     Menu Site : Berisi item menu untuk mengelola situs dan melakukan upload dan download file
    8.     Menu window : Menyediakan akses ke seluruh panel, inspector dan jendela dalam Dream weaver
    9.     Menu Help : Akses menuju bantuan berupa dokumentasi yang telah disediakan.
(3) Baris Standar
Pada saat anda membuka jendela Dreamweaver MX, secara default hanya menampilkan Document Bar tanpa menampilkan Standard Bar.
Gambar 3.3. Tampilan Standard Bar
Untuk menambahkan atau mengaktifkan Standard Bar, langkah-langkahnya sebagai berikut :
1.    Buatlah dokumen baru
2.    Pilih perintah menu View > Toolbars sehingga tampil submenu Document dan Standard dan klik pilihan Standard untuk menampilkan standard bar
3.    Gunakan perintah yang sama untuk menyembunyikan tampilan Standar bar. Untuk menyembunyikan, anda bisa mengklik pilihan yang sudah terpilih.
Tabel 3.1. Menu File
(4) Baris Tombol Dokumen
Document Toolbar berisi tombol-tombol dan menu pop-up yang menyediakan tampilan berbeda dari document window. Anda dapat memberikan judul document window pada bagian Title.
Gambar 3.4. Tampilan Dokumen Toolbar
Tabel 3.2. Dokumen Toolbar
(5) Baris Insert
Terdiri dari tombol-tombol untuk membuat dan menyisipkan obyek seperti tabel, layer dan gambar. Ketika anda menggulung pointer melewati sebuah tombol, tampil sebuah kotak keterangan dengan menampilkan nama tombol.
Gambar 3.5. Tampilan Insert Bar sebelum diganti
Untuk mengganti tampilan Insert Bar, Anda dapat memilih Show as Tabs pada menu tarik. Selanjutnya tampilan Insert Bar akan berubah menjadi Tabulasi diatas Insert Bar
Gambar 3.6. Tampilan Insert Bar setelah diganti
Baris Insert digunakan untuk mengatur beberapa kategori pilihan sebagai berikut :
1.    Common memungkinkan untuk membuat dan menyisipkan beberapa penggunaan obyek biasa, seperti gamabr dan tabel diatas.
2.    Layout memungkinkan untuk menyisipkan tabel, div tag, layer, dan frame. Kita dapat memilih 3 tampilan tabel : Standard (default), Expanded Tables dan Layout. Ketika mode tampilan dipilih. Kita dapat menggunakan tombol layout dreamweaver : Draw Layout Cell dan Draw Layout Table.
3.    Forms berisi tombol-tombol untuk membuat form dan menyisipkan elemen form
4.    Text memungkinkan kita untuk menyisipkan beberapa teks dan daftar format tag, seperti b, em, p, h1 dan ul.
5.    HTML menyediakan fasilitas untuk menyisipkan tag HTML untuk mistar horizontal, head content, tabel, frame dan script.
6.    Server-code disediakan untuk halaman-halaman yang menggunakan bahasa khusus seperti : ASP, ASP.NET, CFML Basic, CFML Flow, CFML Advanced, JSP dan PHP. Selain itu juga disediakan obyek-obyek server-code yang dapat disisipkan dalam tampilan code.
7.    Application memungkinkan kita untuk menyisipkan elemen dinamis seperti recordset, repeated region dan record insertion dan update form.
8.    Flash Elements untuk menyisipkan objek flash
9.    Favorites untuk mengelompokkan dan mengatur tombol-tombol baris insert yang anda gunakan dalam satu wadah.
(6) Jendela Dokumen
Document Window merupakan bagian yang digunakan untuk mendesain halama web. Dalam Document Window dipakai untuk menyisipkan teks, image serta objek lain yang mendukung pembuatan situs web. Tidak seperti versi sebelumnya, Dreamweaver MX memuat dokumendokumen yang sedang dibuka dalam jendela yang sama. Jika anda perhatikan untuk dokumen yang terbuka dalam jendela yang sama, akan disimpan dalam tab-tab seperti lembar kerja pada Microsoft Excel.
Dengan demikian anda dapat dengan mudah berpindah antar dokumen tanpa harus menutup tampilan jendela yang sudah terbuka, yaitu dengan mengklik tab dokumen yang anda inginkan.
Gambar 3.7. Tampilan Jendela Dokumen
(7) Panel Group
Merupakan kumpulan panel yang saling berkaitan satu sama lain yang dikelompokkan bersama dibawah satu judul. Kalau diperhatikan pada bagian panel group, disitu terdapat beberapa panel yang tersusun secara rapi pada bagian sebelah kanan window. Kelompok panel tersebut antara lain : Design, Code, Application, Files dan Answer. Pada setiap bagian dari panel group terdapat beberapa macam panel lagi, misalnya pada panel group Design berisikan panel HTML, Style, CSS Style dan Behaviour. Pada bagian panel group Files terdapat panel Site dan Assets. Untuk menguraikan panel group, anda bisa klik panah expander di sebelah kiri nama group.
Kita juga dapat memisahkan panel group yang tersusun tersebut dengan menggeser mouse pada bagian pojok kiri dari judul group sampai panel tersebut terlepas dari panel group.
Gambar 3.8. Tampilan Panel Group terlepas
(8) File Panel
Merupakan bagian dari panel group selain panel Assets. Bagian ini berfungsi untuk mengatur file dan folder yang akan membentuk situs Anda. Panel ini memiliki fungsi lain yang cukup penting karena memungkinkan untuk mengatur dan bekerja terhadap file-file tersebut dengan efisien.
Gambar 3.9. Tampilan Panel Group tersusun
(9) Tag Inspector
Salah satu fasilitas terbaru dari Dreamweaver MX. Dalam hal tag Inspector anda dapat melihat struktur hirarki tag dan atribut-atribut yang dapat ditambahkan atau di edit.
Gambar 3.10. Tampilan Tag Inspector
(10)  Tag Selector
Terdapat pada bagian bawah document window atau pada bagian status bar. Fungsi dari Tag selector adalah untuk menampilkan hirarki tag pada design view yang aktif. Pada saat anda mengaktifkan jendela document window, secara otomatis pada bagian status bar akan muncul indikator <body>
Gambar 3.11. Tampilan Tag Selector
(11)  Property Inspector
Digunakan untuk melihat dan mengubah berbagai properti objek dan teks yang terpilih. Setiap objek maupun teks mempunyai properti yang berbeda-beda. Contoh Properti Teks : jenis font, ukuran, perataan dsb. Untuk Image : nama image, ukuran image dsb.
Gambar 3.12. Property Inspector Text
Gambar 3.13. Property Inspector Image
3.3. USULAN TENAGA KERJA (BRAINWARE)
Brainware merupakan kemampuan manusia dalam pengelolaan dan pemanfaatan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru di SMA Negeri 1 Aikmel secara efektif. Bagaimanapun juga manusia merupakan subjek (pelaku) yang mengendalikan seluruh sistem, sehingga sangat dituntut kemampuan dan penguasaannya terhadap ilmu dan teknologi mutakhir. Selain itu diperlukan pula kemampuan untuk memadukan pengelolaan dengan pemanfaatan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru agar data dapat digunakan secara efektif dan efisien.
Adanya koordinasi dalam pengelolaan data siswa baru sangat diperlukan agar informasi yang diperoleh dapat membantu dan memudahkan siswa baru dalam kegiatan Penerimaan Siswa Baru ini.
Dalam Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru ini memiliki 2 user. Pertama, admin sebagai administrator yang memiliki akses dalam pengolahan data pada aplikasi ini. Kedua, setiap pendaftar yang mendaftar secara online melalui website dengan mengisi form input. dan hanya memiliki akses untuk menginput data identitas diri saja, sedangkan data lain tidak dapat diubah-ubah.
3.4. USULAN SISTEM BARU
3.4.1. GAMBARAN SISTEM USULAN
Hasil rancangan dan pembuatan program diuraikan dan dijelaskan secara  deskriptif naratif (gambaran secara umum). Penafsiran dan penarikan kesimpulan dilakukan berdasarkan setiap langkah pembuatan program. Simpulan akhir ditentukan oleh berhasil tidaknya program dijalankan sesuai dengan rancangan.
Proses pengolahan data yang terorganisir berdasarkan rancangan system yang dibuat diawali dengan memasukkan data oleh siswa baru yang mendaftar secara online menjadi input dalam Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru di SMA Negeri 1 Aikmel. Kemudian data diaplikasikan secara langsung oleh system sehingga data siswa baru yang mendaftar secara online dapat diketahui oleh Panitia Penerimaan Siswa Baru dan tersimpan di database.
Bentuk informasi yang akan diterapkan pada kegiatan Penerimaan Siswa Baru SMA Negeri 1 Aikmel adalah data-data input yang sudah dimasukkan dalam database yang berupa tabel-tabel dan informasi-informasi secara langsung dari siswa baru untuk dijadikan sebagai dasar dalam penyusunan system infomasi.
Siswa baru yang mendaftar secara online dapat melakukan perubahan dan penghapusan data yang dimasukkan sebagai input namun untuk masuk ke Menu Penerimaan Siswa Baru, siswa baru harus melakukan registrasi, kemudian system akan meminta user dan password yang akan digunakan siswa baru untuk dapat mengakses informasi dan perubahan-perubahannya. Data yang dapat diubah hanya data siswa baru itu sendiri, data siswa baru yang lain tidak dapat dibuah-ubah karena user dan password yang dimiliki hanya untuk satu siswa baru yang telah mendaftar. Sehingga dengan adanya system registrasi dan menu login ini dapat mengamankan data dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.
 3.4.2. SASARAN/INFORMASI SISTEM USULAN
1.    Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru akan menghasilkan output berupa pelaporan atas seluruh data siswa baru yang mendaftar secara online dan disajikan dalam bentuk laporan Penerimaan Siswa Baru SMA Negeri 1 Aikmel yang dirancang secara sistematis dan mengadopsi teknologi informasi ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam melakukan pemasukan input data siswa baru dan dan menyajikan informasi yang akurat dan cepat.
2.    Sistem Informasi Penerimaan Siswa baru yang telah terkomputerisasi, akan menghasilkan laporan Penerimaan Siswa Baru berupa daftar siswa baru yang diterima di tiga jalur masuk SMA Negeri 1 Aikmel dan laporan pendukung lainnya.
3.    Dengan adanya Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru berbasis online yang tentunya telah terkomputerisasi dan terintegrasi maka diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam melakukan pendaftaran bagi siswa baru dengan memasukkan identitas masing-masing siswa baru, yang kemudian diolah dan disajikan dalam bentuk informasi yang akurat serta cepat yaitu dapat ditampikan, diubah atau dihapus sama sekali. Hal ini sangat memungkinkan karena system informasi penerimaan siswa baru telah disusun sedemikian rupa sehingga dapat menangani pendaftaran siswa baru secara on-line, bahkan data yang ada dapat digunakan untuk informasi dalam pembagian kelas pengisian buku induk siswa dan lain-lain.
 3.4.3. JADWAL PEMBUATAN SISTEM USULAN
a)    Tahap Persiapan:
1.    Pemilihan Lokasi Praktik Kerja Lapangan (ditentukan oleh kampus) dan dilakukan sendiri-sendiri.
2.    Survey awal, yang mencakup:
(1)  item identitas siswa baru yang dibutukan dan kemampuan yang dimiliki dengan melampirkan bukti kependidikan
(2)  mempelajari aplikasi dan database yang sudah dimiliki
(3)  mempelajari manual dan kebijakan sekolah dalam kegiatan Penerimaan Siswa Baru
(4)  Inventarisasi permasalahan serta mempelajari informasi dan format laporan yang diinginkan.
3.    Penyusunan spesifikasi SIPSB (Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru).
4.    Penyusunan uraian rinci tahap pembuatan system informasi, laporan Penerimaan Siswa Baru, Laporan PKLdan jadwal pembuatannya.
b)   Tahap Penyusunan SIPSB
1.    Penyusunan struktur database.
2.    Transfer data dari format database lama kepada struktur database yang baru.
3.    Penyusunan program aplikasi SIPSB yang meliputi perancangan output, formulir pendaftaran dan program/aplikasi.
4.    Pengujian awal aplikasi SIPSB.
5.    Penyesuaian kembali aplikasi SIPSB.
6.    Penyusunan manual aplikasi SIPSB.
c)    Tahap Uji Coba Penerapan Aplikasi SIPSB
1.    Presentasi aplikasi SIPSB pada ujian sidang PKL.
2.    Konsultasi Laporan PKL yang telah disusun dan disesuaikan dengan hasil ujian sidang
Tabel 3.3. Jadwal Kegiatan Penyusunan Laporan PKL
No
Kegiatan
Minggu Ke -
0
1
2
3
4
5
6
7
8
1.
Persiapan untuk kegiatan PKL









2.
Observasi Lingkungan dan Perkenalan









3.
Pengajuan Masalah (Judul Laporan PKL) kepada DPL









4.
Pengumpulan data









5
Perancangan










a.    Rancangan Alur Data (DFD, Kamus Data, Flow Chart)










b.    Rancangan Database (Tabel)










c.    Rancangan Desain Menu (ERD)










d.   Rancangan Sistem/Program









6
Pembuatan










a.  Pembuatan Database










b.  Pembuatan Desain










c.  Pembuatan Sistem/Program









7
Penyusunan Laporan










Minimal setiap minggu melakukan konsultasi dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) baik itu program aplikasi yang dibuat maupun penyusunan laporannya,
3.4.4. Rancangan Basis Data
Rancangan basis data merupakan garis besar dari seluruh sistem informasi pengolahan data elektronik yang akan dilakukan. Dalam membuat sebuah sistem informasi yang berbasis database dibutuhkan rancangan basis data yang memadai karena data yang diolah dan disimpan tersebut, sewaktu-waktu diperlukan kembali. Perancangan basis data mencakup penentuan kunci utama dan kunci tamu untuk menghubungkan tabel satu dengan tabel lainnya. Secara konseptual perancangan basis data terdiri dari tiga langkah berikut :
a.    Penentuan entitas pada basis data
b.    Pendefinisian hubungan antar entitas
Rancangan basis data yang penulis susun membutuhkan 3 (tiga ) tabel yaitu :
a.    Tabel Identitas Siswa Baru
Dalam tabel identitas siswa baru terdapat 24 field yang menjadi bagian penting dalam memuat identitas masing-masing siswa baru. Keduapuluh empat field tersebut seperti pada tabel berikut:
Tabel 3.4. Identitas Siswa Baru
No
Field Name
Data Type
Description
1

2
3
4
5
6
7

8

9

10

11

12

13
14
15

16

17
18

19
20
21
22
23
24

id

namalengkap
namapanggilan
ttlhr
tgllhr
sex
agama

kwn

anakke

status

jkandung

jtiri

alamat
telp
tinggal

jarak

goldarah
penyakit

tinggi
berat
asalsek
tglsttb
nosttb
hoby
Int(10)auto_increament primary key
Varchar(50)
Varchar(10)
Varchar(20)
Date
Varchar(1)
Varchar(20))

Varchar(3)

Int(2)

Varchar(15)

Int(2)

Int(2)

Varchar(50)
Varchar(12)
 Varchar(20)

 Varchar(3)

Varchar(2)
Text

Int(3)
Int(3)
Varchar(50)
Date
 Varchar(20)
Text
Nomor pendaftaran langsung diisi oleh sistem Nama lengkap siswa baru
Nama panggilan siswabaru
Tempat lahir siswa baru
Tanggal lahir siswa baru
Jenis kelamin siswa baru
Agama yang dianut siswa baru
Kewarganegaraan yang dimiliki siswa baru
Urutan siswa baru anak dalam keluarga
Status siswa baru dalam keluarga
Jumlah saudara kandung yang dimiliki siswa baru
Jumlah saudara tiri/angkat yang dimiliki siswa baru
Alamat lengkap siswa baru
Nomor telepon siswa baru
Dengan siapa siswa baru tinggal dirumah
Jarak tempat tinggal siswa baru dengan sekolah
Golongan darah siswabaru
Penyakit yang pernah diderita siswa baru
Tinggi badan siswa baru
Berat badan siswa baru
Asal sekolah siswa baru
Tanggal STTB siswa baru
Nomor STTB siswa baru
Hoby yang dimiliki siswa baru
b.    Tabel Identitas Orang Tua Siswa Baru
Dalam tabel identitas orang tua siswa baru terdapat 19 field yang menjadi bagian penting dalam memuat identitas orang tua masing-masing siswa baru. Kesembilan belas field tersebut seperti pada tabel berikut:
Tabel 3.5. Identitas Orang Tua Siswa Baru
No
Field Name
Data Type
Description
1

2
3
4
5
6
7
8

9

10

11

12

13

14
15
16

17

18
19
id

namaa
namai
ttlhra
ttlhri
tgllhra
tgllhri
agamaa

agamai

kwna

kwni

penda

pendi

peka
peki
gajia

gajii

alamatortu
telportu
Int(10)auto_increament primary key
Varchar(50)
Varchar(50)
Varchar(20)
Varchar(20)
Date
Date 
Varchar(20) 

Varchar(20) 

Varchar(2) 

Varchar(2)
 
Varchar(5)

Varchar(5)

 Varchar(30)
 Varchar(30)
Varchar(10)

Varchar(10)

 Varchar(50)
Varchar(12)
Nomor pendaftaran langsung diisi oleh sistem
Nama ayah siswa baru
Nama ibu siswa baru
Tempat lahir ayah siswa baru
Tempat lahir ibu siswa baru
Tanggal lahir ayah siswa baru
Tanggal lahir ibu siswa baru
Agama yang dianut siswa baru
Agama yang dianut siswa baru
Kewarganegaraan yang dimiliki siswa baru
Kewarganegaraan yang dimiliki siswa baru
Pendidikan terakhir ayah dari siswa baru
Pendidikan terakhir ayah dari siswa baru
Pekerjaan ayah siswa baru Pekerjaan ayah siswa baru
Pendapatan ayah dari siswa baru per bulan
Pendapatan ayah dari siswa baru per bulan
Alamat lengkap orang tua
Nomor telepon orang tua

c.    Tabel Prestasi Siswa Baru
Dalam tabel prestasi siswa baru terdapat 11 field yang menjadi bagian penting dalam memuat prestasi yang dimiliki siswa baru. Kesebelas field tersebut seperti pada tabel berikut:
Tabel 3.6. Prestasi Siswa Baru
No
Field Name
Data Type
Description
1

2
3

4


5
6

7


8

9

10


11

id

nilaiun
kelas

smt


peringkat
ket

mapel


juara

tingkat

tahun


juz

Int(10)auto_increament primary key
Varchar(50)
Varchar(50)

Varchar(50)


Varchar(50)
Text

Varchar(30)


Varchar(5) 

Varchar(20)

Int(4)


Int(2)
Nomor pendaftaran langsung diisi oleh sistem
Nilai UN siswa baru
Peringkat kelas yang diraih siswa baru pada kelas berapa
Siswa baru berada pada semester berapa saat meraih peringkat kelas
Peringkat kelas siswa baru
Keterangan dari siswa baru mengenai peringkat kelas
Mata Pelajaran yang diikuti siswa baru pada kegiatan Olimpiade
Juara yang diraih siswa baru pada tiap olimpiade
Tingkat kedudukan olimpiade yang diikuti siswa baru
Tahun siswa baru meraih juara olimpiade atau pernah mengikuti olimpiade
Jumlah juz dalam Al-Qur’an yang dihapal siswa baru

 3.4.5. ENTITY RELATIONSHIP DIAGRAM (ERD)
Entity Relationship Diagram adalah permodelan data utama dan akan membantu mengorganisasikan data dalam suatu proyek ke dalam entitas-entitas dan menentukan hubungan entitas
a.    Entitas (Entity)
Entitas adalah suatu yang nyata atau abstrak dimana kita akan menyimpan data. Contoh entittas pegawai, entitas siswa, entitas guru dsb.
b.   Relasi (Relationship)
Relasi adalah hubungan alamiah yang terajdi antara dua atau lebih entitas, misal proses pembayaran pegawai. Kardinalitas menentukan kejadian suatu entitas untuk suatu entitas pada suatu kejadian pada entitas yang berhubungan. Misal mahasiswa mengambil banyak mata kuliah.
c.    Atribut (Atribute)
Atribut adalah ciri umum semua atau sebagian besar instansi pada entitas tertentu. Sebutan lain atribut adalah property, elemen data dan field. Misal namalengkap, alamat, no.psb dsb. (http://harsiti09.files.wordpress.com/2009/10/v-entity-relatinal-diagram.doc).
 d.   Komponen dan Simbol
Tabel 3.7. Komponen dan Simbol ERD
No
Komponen
Simbol
1.
Entity (entitas)

2.
Relationship (keterhubungan)

3.
Atribut


e.    Metodologi ERD
Tabel 3.8. Metodologi ERD
1. Menentukan entitas
Menentukan peran, kejadian, lokasi, hal nyata dan konsep dimana penggunaan untuk menyimpan data
2. Menentukan relasi
Menentukan hubungan antar pas angan entitas menggunakan matriks relasi
3. Gambar ERD sementara
Entitas digambarkan dengan kotak, dan relasi digambarkan dengan garis
4. Isi kardinalitas
Menentukan jumlah kejadian satu entitas untuk sebuah kejadian pada entitas yang berhubungan
5. Tentukan kunci utama
Menentukan atribut yang mengidentifikasikan satu dan hanya satu kejadian masing-masing entitas
6. Gambar ERD berdasarkan kunci
Menghilangkan relasi many to many dan memasukkan primary dan kunci tamu pada masing-masing entitas
7. Menentukan atribut
Menentukan field -field yang diperlukan system
8. Pemetaan atribut
Memasangkan atribut dengan entitas yang sesuai
9. Gambar ERD dengan atribut
Mengatur ERD dari langkah 6 dengan
menambahkan entitas atau relasi yang
ditemukan pada langkah 8
10. Periksa hasil
Apakah ERD sudah menggambarkan system yang akan dibangun?

Berikut Entity Relationship Diagram (ERD) Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru yang dibangun berbasis online :
Gambar 3.14. Entity Relationship Diagram
3.4.6. DATA FLOW DIAGRAM (DFD)
Diagram yang menggambarkan suatu system yang telah ada atau system baru yang akan dikembangkan, secara logika tanpa mempertimbangkan lingkungan fisik di mana data tersebut mengalir (misalnya lewat telepon, surat dsb) atau lingkungan fisik di mana data tersebut akan disimpan (misalnya file kartu, hard disk, tape, disket dsb). http://mti.ugm.ac.id/~panji/.../DATA%20FLOW%20 DIAGRAM%201.doc
a.    Komponen dan Simbol :
Tabel 3.9. Komponen dan symbol DFD
No
Komponen
Simbol
1.
External entity (kesatuan luar)

2.
Data flow (arus data)

3.
Process (proses)

4.
Data Store (simpanan data)


b.   Tingkatan (Levelisasi) dalam DFD :
1.    Context Diagram (diagram konteks)
2.    Overview Diagram (diagram level 0)
3.    Primitive Diagram (diagram primitif)
Berikut Data Flow Diagram (DFD) Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru yang dibangun berbasis online :
Gambar 3.15. Diagram Konteks
Gambar 3.16. Diagram Nol DFD level 1
Gambar 3.17. Diagram Detail DFD level 2 proses 1 dan 2
Gambar 3.18. Diagram Detail DFD level 2 proses 3
3.4.7. DIAGRAM ALIR (FLOWCHART)
Untuk menggambarkan sebuah algoritma yang terstruktur dan mudah dipahami oleh orang lain (khususnya programmer yang bertugas mengimplementasikan program), maka dibutuhkan alat bantu yang berbentuk Diagram Alir (Flowchart). Diagram alir ini akan menunjukkan alur di dalam program secara logika. Diagram alir ini selain dibutuhkan sebagai alat komunikasi, juga diperlukan sebagai dokumentasi. Berikut aturan-aturan dalam perancangan diagram alir tersebut, yaitu :
1.  Diagram alir digambarkan dengan orientasi dari atas ke bawah dan dari kiri ke kanan;
2.  Setiap kegiatan/proses dalam diagram alir harus dinyatakan secara eksplisit;
3.  Setiap diagram alir harus dimulai dari satu Start State dan berakhir pada satu atau lebih Terminal Akhir/Terminator/Halt State;
4.  Gunakan Connector dan Off-Page Connector state dengan label yang sama untuk menunjukkan keterhubungan antar path algoritma yang terputus/terpotong, misalnya sebagai akibat pindah/ganti halaman.
Berikut ini adalah simbol-simbol state yang digunakan untuk menggambarkan algoritma dalam bentuk diagram alir. Sedangkan keterangan yang terdapat di bawah masing-masing simbol adalah kegunaan dari simbol-simbol yang bersangkutan. (http://rinoan.staff.uns.ac.id/files/2009/01/ flowchart.doc)

Tabel 3.10 Simbol-Simbol FlowChart



Proses



Proses alternatif



Pencabangan (keputusan)



Data



Predefined Proses



Penyimpanan Internal



Dokumen



Multi Dokumen



Terminator (Start & Halt)



Preparation (Inisialisasi)



Input Manual



Operasi Manual



Connector




Off-Page Connector



Kartu Penyimpanan Manual



Punch-Tape



Summing Junction



Or



Collate



Sort



Extract



Merge



Penyimpanan Data



Delay



Sequential Access Storage



Magnetic Disk



Direct Access Storage



Display

3.5.PERANCANGAN OUTPUT DATA
Perancangan dilakukan untuk menggambarkan, merencanakan, dan membuat sketsa atau pengaturan dari beberapa elemen yang terpisah ke dalam satu kesatuan yang utuh dan berfungsi. Perancangan ini merupakan hasil transformasi dari analisa ke dalam perancangan yang nantinya akan di implementasikan.
Hal penting yang menjadi perhatian pada perancangan adalah bahwa rancangan yang dibuat diharapkan dapat digunakan dengan mudah oleh semua user. Yang dimaksud semua user adalah bahwa tidak hanya seorang ahli saja yang dapat menggunakan aplikasi ini, namun orang awam pun dapat menggunakannya. Selain itu beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain adalah kinerja program yang baik dalam mengoperasikan aplikasi yang dibuat.
 Oleh sebab itu, kegiatan penerimaan siswa baru dilakukan secara online dan kegiatan administrasi lainnya dapat yang dilakukan oleh seluruh siswa yang mendaftar di SMA Negeri 1 Aikmel Kabupaten Lombok Timur dengan mudah. memerlukan adanya backup file yang tidak perlu ditulis ulang atau dihitung ulang dengan menggunakan media kertas karena dapat mengurangi tingkat efisienitas pekerjaan. Dengan menggunakan program aplikasi yang akan penulis rancang, pengolahan data yang dimulai dari proses entry (pemasukan data), update (perubahan data), delete (penghapusan data), dan print out (proses cetak arsip), dapat dilakukan secara mudah dengan fasilitas yang menunjang. Database sebagai media lunak yang disediakan oleh operasi  program aplikasi administrasi dapat digunakan sebagai media penyimpanan yang bersifat semu sehingga sewaktu-waktu dapat dilakukan proses administrasi secara langsung. Guna keamanan dalam integrasi pengolahan data, dapat dilakukan inisialisasi pengguna yaitu dengan sistem login password. Dengan adanya pembedaan login user maka beda pula hak untuk mengakses data tersebut.
Pencetakan sebagai tanda bukti administrasi dalam pendaftaran siswa baru yang dilakukan oleh setiap siswa yang telah mendaftar dan sebagai bukti agar dapat melakukan pembayaran untuk pendaftaran bagi siswa baru yang lulus administrasi. Pencetakan arsip sebagai media untuk pelaporan yang dilakukan setiap akhir kegiatan Penerimaan Siswa Baru yaitu awal tahun ajaran baru yang di cetak setelah seluruh kegiatan selesai dilakukan dan sudah menempuh proses verifikasi ulang yang dilakukan oleh user (operator) dan beberapa pihak terkait yang bertanggung jawab.
BAB IV
IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN
4.1. ANALISIS PEMILIHAN PERANGKAT LUNAK
Aplikasi Penerimaan Siswa Baru yang dibuat ini untuk membantu sistem yang sudah ada. Sistem yang digunakan sebelum adanya aplikasi ini masih kurang efisien karena formulir pendaftaran diisi menggunakan tulisan tangan sehingga Panitia PSB harus menginput ulang semua data siswa baru yang mendaftar ke komputer untuk memudahkan dalam pengolahan data. Dalam hal ini Panitia PSB akan disibukkan dengan penginputan ulang data siswa baru. maka setelah dianalisa dan aplikasi ini dijalannya setidaknya dapat membantu meringankan tugas Panitia PSB karena formulir pendaftaran dapat diisi secara online melalui website sekolah.
Yang diperlukan hanyalah seperangkat komputer atau sebuah laptop dan terkoneksi dengan jaringan sehingga data yang dimasukkan pendaftar kemudian akan tersimpan pada database server dan ini memudahkan admin atau Panitia PSB yang berwenang untuk mengolah data siswa baru yang ada pada database. Pada saat penginputan data bisa terjadi kesalahan namun aplikasi ini memberikan pendaftar untuk mengedit atau menghapus data yang diinput. Namun hanya untuk satu data karena masing-masing data memiliki login yang bebeda beda sehingga dapat mengurangi keadaan data tidak valid kecuali sistemnya rusak. Setiap data yang terkoneksi dengan internet memiliki resiko tinggi terkena virus atau kesalahan data karena databasenya diacak sehingga aplikasi ini harus benar-benar memiliki proteksi yang tinggi.
4.2. SPESIFIKASI PERANGKAT KERAS
Agar aplikasi ini dapat difungsikan dengan baik maka diperlukan beberapa hardware. Berikut adalah hardware yang digunakan dalam perancangan aplikasi penerimaan siswa baru diantaranya :
a)    Seperangkat computer atau laptop yang terdiri dari Harddisk 320 GB, RAM 2GB, Processor i3 2.13 GHz, Keyboard, mouse, monitor atau LCD,
b)   Link dan Jaringan Internet pada komputer input menggunakan modem prolink (kartu CDMA flexi) atau hotspot
c)    Jaringan Listrik, Baterai atau Accumulator (Aki)
4.3. SPESIFIKASI PROGRAM (TAMPILAN RANCANGAN/PROGRAM)
Pembuatan aplikasi Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru berbasis web menggunakan bahasa pemrograman PHP, localserver Xampp, database mysql dan editor HTML Macromedia Dreamweaver MX 2004 ini memudahkan user dalam penggunaannya. Berikut tampilan website SMA Negeri 1 Aikmel khususnya pada menu penerimaan siswa baru.
a)   Halaman Index
Halaman ini ditampilkan pada saat melakukan panggilan terhadap domain atau alamat website yang dituju. Dalam hal ini menggunakan website dengan alamat www.smansaaikmel.web.id. Hasil eksekusi halaman index.html sebagai menu utama website. Halaman index.html berisi menu-menu pendukung website seperti profil sekolah, informasi sekolah, rekap data, penerimaan siswa baru (PSB) dan menu-menu lain yang semakin mempercantikan halaman index. Khususnya pada menu PSB terdapat pilihan untuk mendaftar secara online dengan mengikuti aturan yang digunakan sekolah. Tampilan halaman awal website sebagai berikut:
b)   Tampilan formulir pendaftaran
Form input data berisikan identitas siswa baru diantaranya nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat yang harus diisi secara lengkap oleh pendaftar, tetapi ada beberapa input data yang dapat dikosong bila pendaftar yaitu siswa baru yang mendaftar melalui jalur test. Tombol simpan yang terletak dipaling bawah formulir pendaftaran ditekan untuk menyimpan data pendaftar.
Selain itu from input data berisikan tombol kembali untuk kembali ke form menu utama dan tombol keluar untuk keluar dari program aplikasi.
c)    Tampilan Ubah dan Hapus Data
Halaman web ini berfungsi untuk mengubah dan menghapus data yang diinput pendaftar. Halaman ini hanya untuk mengubah dan menghapus data yang diinputkan sendiri, karena adanya login kembali agar data yang ada tidak mudah diubah-ubah oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.menampilkan. Tombol ubah berfungsi mengubah data masing-masing pendaftar tetapi tetap harus melakukan login. Sedangkan tombol lainnya yaitu tombol Hapus yang berfungsi menghapus data yang dipilih dan melakukan login juga agar data tersebut dapat dihapus.
d)   Tampilan Data Pendaftaran Siswa Baru
Halaman ini berfungsi untuk melihat semua pendaftar yang mendaftar secara online. Halaman ini berisi data lengkap masing-masing pendaftar. Dengan halaman ini pendaftar dapat melihat secara langsung data yang diinputkan dalam bentuk tabel dan bila terjadi kesalahan, Pendaftar juga dapat mengubah data yang terdapat kesalahan data. Halaman ini tidak memiliki tombol-tombol untuk ditekan karena hanya untuk menampilkan.
e)    Tampilan Laporan Penerimaan Siswa Baru
Halaman ini berfungsi untuk melihat laporan penerimaan siswa baru baik yang lulus seleksi maupun tidak lulus seleksi dan yang sebelumnya telah mendaftar dan mengikuti aturan-aturan serta syarat-syarat yang dibutuhkan sekolah. Kemudahan dalam melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan kegiatan penerimaan siswa baru akan sangat dibantu dengan adanya sistem informasi penerimaan siswa baru walaupun tidak dapat dipungkiri kemanan merupakan kewajiban tertinggi untuk dapat menjaga website dan lebih penting data-data siswa baru yang mendaftar. Untuk itu, diperlukan sistem proteksi yag tinggi agar tidak terjadi kesalahan data atau data tidak valid.

1)      Flowchart Input Identitas Siswa Baru
Pada flowchart ini digambarkan bagaimana alur dari penginputan data identitas siswa baru. Selengkapnya berikut alurnya :




Gambar 3.19. Flowchart Input Data Identitas Siswa Baru

BAB V
PENUTUP
5.1.  Kesimpulan
Dengan selesainya penulisan Laporan PKL ini yang mengangkat permasalahan Penerimaan Siswa Baru pada SMA Negeri 1 Aikmel dan dengan alternatif pemecahannya yaitu dengan membangun sistem komputerisasi.
Pada bab ini penulis hanya menyimpulkan apa yang telah dijelaskan dari bab-bab terdahulu. Namun demikian pada akhir penulisan ini akan diuraikan secara garis-garis besarnya dari apa yang telah dibahas mulai dari sistem berjalan sampai dengan sistem usulan, secara umum dapat disimpulkan sebagai berikut :
1.    Aplikasi Penerimaan siswa baru berbasis online ini sebagai alternatif pemecahan suatu masalah yang dihadapi sistem berjalan, dengan adanya program aplikasi ini diharapkan dapat membantu dan merupakan salah satu alternatif pemecahan masalah. Serta dengan program apikasi ini diharapkan pula dapat melakukan penyimpanan data secara tertib, aman dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, selain itu dengan adanya program aplikasi ini dapat memberikan informasi yang cepat serta dapat melakukan perbaikan atau pengeditan apabila dianggap hal tersebut perlu dilakukan.
2.    Program aplikasi ini merupakan sebagian kecil dari teknologi yang dapat membantu calon siswa baru dan orang tua calon siswa baru dalam mendaftarkan diri pada sekolah yang diinginkan. Dan program aplikasi ini dapat menyajikan data calon siswa baru, khususnya dalam hal penerimaan siswa baru serta data siswa baru yang dinayatakan lulus seleksi.
3.    Proses pendaftaran siswa baru dan proses seleksi penerimaan siswa baru yang ada lebih terkontrol dengan sistem aplikasi ini serta memudahkan saat pembuatan laporan.
5.2. Saran
Dengan terselesaikannya penulisan Laporan ini dari tahap awal hingga akhir, maka penulis ingin memberikan saran-saran untuk menunjang kemajuan sekolah sesuai dengan kemampuan penulis dari apa yang telah dialami selama kegiatan Praktik Kerja Lapangan ini sebagai berikut:
1.    Dalam era globalisasi ini media komputer sangat dibutuhkan untuk menunjang jalannya sekolah dan dengan adanya website yang berisi Menu Penerimaan Siswa Baru sebagai tempat untuk mengenalkan sekolah serta memudahkan calon siswa baru untuk  mendaftar pada sekolah yang dimaksud, sehingga diharapkan dalam penyajian informasi dan penyimpanan data digunakan system yang ada.                        
2.    Aplikasi ini dapat menyajikan informasi yang cepat dan akurat.
3.    Dalam pemasukan data calon siswa baru dibutuhkan ketelitian agar tidak terjadi kesalahan. Untuk itu user sebagai penginput data harus memperhatikan formulir pendaftaran yang diisi.
4.    Back Up data harus dilakukan dalam penggunaan komputer karena jika terjadi   kerusakan pada komputer data-data yang ada akan tetap aman.
  
DAFTAR PUSTAKA













1 komentar: